Konfigurasi Layanan Google Mail di Panel Domain

Beragamnya layanan hosting yang saat ini tersedia memungkinkan Anda untuk menggabungkan layanan antar penyedia tersebut. Sebut saja salah satunya adalah layanan Google Mail (GMail) yang menyediakan layanan mail untuk pengguna umum.

Jika Anda telah memiliki domain pribadi yang dibeli melalui ArdHosting dan ingin mengkoneksikan dengan GMail untuk kebutuhan kirim-terima mail, maka dapat dengan mudah dilakukan melalui panel domain kami. Silakan ikuti panduan langkahnya di bawah ini.

1. Silakan anda terlebih dahulu untuk login ke akses Panel Domain :

Jika lupa password silakan untuk menggunakan akses forget password hingga nanti nya bisa akses login.

2. Setelah berada di halaman utama selesai login, cari Menu Domain > List All Orders lalu klik.

3. Ketika keluar untuk domain nya silakan klik langsung domain nya tersebut, ada di Domain Name.

4. Nanti akan muncul untuk langsung di Menu Domain, sebelum lanjut pastikan untuk NS nya terarah ke ardhosting dengan cara masih di halaman yang sama Domain > View > Name Server, jika telah terarah cari menu DNS dan klik.

Name Server
Name Server

5 JIka telah keluar untuk halaman DNS, carilah menu Manage DNS lalu klik untuk memulai akan muncul jendela baru. Cari lah menu CNAME Records langsung klik.

6. Buat lah CNAME nya dengan klik Add CNAME record.

CNAME Record
CNAME Records

7. Setelah set untuk CNAME Records perlu juga pada MX Records beberapa yang di setting kan, Add MX Record.

MX Record
MX Records

8. Jika telah di set dengan langkah-langkah yang di berikan, mohon di periksa kembali. Jika telah selesai berarti untuk proses penyettingan telah dilakukan.

Selesai dengan konfigurasi di atas, maka berikutnya cukup menunggu beberapa waktu untuk masa propagasi DNS-nya. Nantinya Anda cukup mengakses format URL http://mail.domainanda.apa (mail bisa juga digantiĀ  menjadi sembarang kata sesuai kebutuhan) dan akan secara otomatis teredireksi ke halaman login mail di GMail.

Jika paska konfigurasi di atas masih mengalami kendala, silakan diskuskan dengan staf teknikal kami baik melalui mail, mesenjer maupun telepon agar dapat kami bantu. Selamat mencoba.