cPanel – Manajemen Izin Akses Melalui File Manager

Tidak berbeda dengan manajemen file dan direktori sehari-hari di PC atau laptop kerja Anda, pengelolaan di hosting juga memiliki sistem serupa. Penentuan izin akses file dan direktori dikenal dengan istilah permission atau chmod (change mode) di sistem Linux.

Melalui cPanel, hal ini dapat dengan mudah dilakukan via File Manager. Adapun ketentuan dasar yang berlaku untuk layanan hosting kami adalah sebagai berikut :

  • Izin akses file maksimal 644
  • Izin akses direktori maksimal 755

Ikutilah beberapa langkah panduan sederhana di bawah ini untuk manajemen file dan direktori di hosting Anda.

1. Silakan login terlebih dahulu ke cPanel anda dan sesampainya di halaman utama dari cPanel, pilihlah  opsi  File Manager di kategori Files.

Files

 

 

 

 

2. Pilihlah opsi Web Root (public_html/www) saat boks pop-up muncul dan centang opsi Show Hidden Files diikuti pengeklikan tombol Go.

Pilihan File Manager

3. Menu File Manager akan muncul dan menampilkan konten direktori terpilih. Klik kanan sembarang file atau direktori yang ingin dikelola izin aksesnya, lalu pilih opsi Change Permission di menu konteks yang muncul. Pemilihan atau penyeleksian dapat pula dilakukan untuk beberapa file atau direktori secara bersamaan (batch) dengan cara menekan-tahan tombol Ctrl di keyboard sembari mengklik file atau direktorinya.

Change Permission

4. Boks Change Permission akan muncul dan Anda dapat memberikan kombinasi izin aksesnya dengan cara mengaktifkan opsi Read, Write dan Execute. Alternatif lain cukup mengisikan angka izin aksesnya di bagian Permission. Terapkan modifikasinya dengan mengklik tombol Change Permission.

Merubah Permission

Selain menggunakan cara di atas, tersedia juga alternatif cara lain untuk modifikasi izin akses file atau direktori di File Manager, hanya saja cara ini berlaku untuk sebuah file atau direktori terpilih saja.

Setelah sampai di langkah ketiga di atas, Anda akan menjumpai kolom Perms di masing-masing file atau direktori (paling kanan). Hanya dengan mengklik ganda kolom tersebut di file atau direktori terpilih, maka akan muncul boks kecil untuk mengisikan angka yang mewakili izin akses yang baru. Terapkan dengan mengklik tombol Save.

Merubah Permission

Setelah mempelajari panduan di atas, kini Anda dapat melakukan manajemen file dan direktori akun hosting dengan mudah dan cepat. Jangan sungkan untuk mendiskusikannya dengan staf teknikal kami baik melalui mail, mesenjer maupun telepon jika mengalami masalah untuk manajemen file. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.