cPanel – Cara Membaca Awstats

Awstats adalah software pembantu analisis situs yang bisa anda gunakan untuk melihat jumlah pengunjung situs anda, aktivitasnya termasuk halaman yang dibuka, laporan atas kata kunci yang mereka gunakan pada mesin pencari hingga bisa masuk ke situs anda, dan banyak lagi laporan lainnya yang bisa anda gunakan untuk membantu anda memantau aktivitas keseluruhan situs anda. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang Awstats silakan kunjungi situs resminya di http://awstats.sourceforge.net/.

Melihat Statistik Kunjungan Situs dengan Awstats

Statistik Kunjungan Situs Awstats memisahkan statistiknya menurut domain yang ada pada akun hosting anda. Ikuti petunjuk berikut untuk memulai.

Tahapan

  1. Saat halaman “Awstats Stats” terbuka, anda akan melihat tabel “Select a Domain” berkolom dua yang berisi informasi berikut:
    • Domain – Entri ini merupakan domain yang anda miliki pada akun hosting anda.
    • View – Klik ikon kaca pembesar untuk melihat statistik situs untuk domain yang terasosiasi dengan Awstats.
  2. Saat kemudian halaman muncul, Awstats akan secara otomatis menampilkan data situs bulan berjalan. Anda bisa mengubahnya menjadi bulan dan tahun yang anda inginkan pada pilihan yang ada, lalu klik tombol OK untuk menampilkan data bulan tersebut.
  3. Setelah memilih bulan dan tahun yang anda inginkan, terlihat bagian “Summary” yang berisi total jumlah hal berikut:
    • Unique visitors, atau jumlah pengunjung unik situs anda. 1 pengunjung unik adalah pengunjung yang menggunakan alamat IP berbeda saat mengaksesnya, misalnya jika ada beberapa pengunjung dengan 1 alamat IP mengakses bersamaan maka akan dihitung sebagai 1 pengunjung.
    • Number of visits, atau jumlah kunjungan.
    • Pages, atau jumlah total halaman yang ditampilkan.
    • Hits
    • Bandwidth
  4. Pada bagian selanjutnya ditampilkan riwayat Bulanan data statistik situs anda sampai dengan dua belas bulan terakhir. Selain itu juga terdapat laporan statistik lainnya seperti jumlah kunjungan dan tampilan halaman tiap url situs anda, jenis operasi yang digunakan pengunjung saat mengakses situs anda dan kata kunci yang digunakan pada mesin pencari hingg mereka bisa memasuki situs anda. Juga berisi laporan tentang berapa banyak tautan dari mesin pencari dan dari situs lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.