cPanel – Backup Data Situs via FTP

Kerap terjadi pada website serangan hacking, memang jika kita memiliki website maka hacking merupakan salah satu resiko yang tidak bisa lepas darinya.  Terutama jika kita memiliki pengetahuan minim tentang keamanan/autentikasi. Namun bukan putus asa kita ambil jalan sebagai akhirnya dengan tanpa solusi, adapun solusi yang dapat kita ambil adalah melakukan restore Backup.
Melalui langkah ini, kita bisa mereplace file-file yang terinfeksi hacking ke file backup bersih yang telah kita simpan di komputer.

Begitu pentingnya memiliki cadangan data, sehingga salah satu tindakan pengamanan yang perlu di lakukan untuk website adalah rutin melakukan backup. Berikut adalah panduan tentang cara melakukan backup secara manual melalui FTP :

1. Buka lah aplikasi bantuan untuk lakukan FTP bisa di unduh di pilihan http://www.filehippo.com/software/file_transfer/ . Untuk saat ini, pada gambar di bawah ini atau langkah berikut ini menggunakan aplikasi File Zilla. Silahkan di jalankan aplikasinya dan sesuai kan “Mesin” : IP atau namadomain.apa, user ftp atau cpanel pada “Nama Pengguna”, password ftp atau cpanel pada “Kata Kunci”, dan pada “Port” boleh di kosongkan. Contoh pada gambar.

2. Nanti akan tampil jika berhasil di kolom “Situs remote :” dan sedangkan “Situs lokal:” itu adalah komputer lokal anda. Jika telah berhasil cari lah folder yang di donlod sesuai keperluan yaitu Backup Data Website maka yang di unduh adalah folder “public_html” silahkan memulai dengan klik kanan dan langsung klik “Download”. Seperti gambar dibawah ini.

3. Proses akan memulai sesuai folder yang di download seperti gambar di bawah ini, terlihat prosesnya pada kolom di bawah dengan proses warna “hijau” tanda berjalannya.

4. Gambar di bawah menunjukkan berhasilnya hasil unduhan tadi sebagai bukti.

5. Setelah itu cek dimana melakukan penyimpanan hasil download tersebut, seperti pada gambar dibawah.

Semua langkah telah selesai, untuk melakukan restore misalnya jika suatu waktu website terkena serangan hacking, cukup menghapus semua file pada direktori “public_html”. Kemudian upload file backup yang telah disave pada komputer. Sebagai perhatian, pilih lah aplikasi yang bisa jalan dengan FTP anda atau yang cocok sampai terkoneksi dengan lancar dan juga ISP koneksi juga dalam keadaan stabil jadi tidak mengganggu proses download tersebut. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.