cPanel – Backup Basis Data Situs via phpMyAdmin

Backup tidak saja bisa di lakukan melalui cpanel namun bisa dengan FTP, phpMyAdmin atau cek Backup dari sisi server. Backup melalui FTP hanya menyimpan file-file PHP, HTML dan folder-folder dari website. Belum termasuk mendownload database dari website yang ada. Untuk melakukan backup database, membutuhkan phpMyAdmin. Berikut langkah-langkahnya:

1. Silahkan login ke cpanel dengan domain yang telah di miliki misal http://pangestupisaneut.co.cc/cpanel sesuai contoh gambar dibawah.

 2. Cari menu “Database” di halaman utama cpanel setelah login berhasil, dan klik  sub kategori  “phpMyAdmin” sampai muncul halaman baru.

3. Ketika telah muncul halaman “phpMyAdmin” cari lah database yang ingin di backup seperti gambar di bawah ini dan lalu klik, misal “pangestu_wp13″ .

 4. Lalu akan muncul halaman baru seperti di bawah ini, untuk memulai pada halaman ini silahkan cari dan klik “Export”.

5. Pada “Export Method” bisa memilih “Quick” untuk mendownload semua tabel, atau “Custom” jika ingin memilah-milah tabel mana saja yang ingin di download. Pada “Format”, pilihlah SQL. Terakhir, klik GO.

 6. Jika telah klok “GO” akan muncul pop up untuk downlod seperti pada gambar, lalu ok.

7.  Proses akan berjalan seperti hasil gambar di bawah ini dan tunggu sampai selesai sesuai ukuran dan kecepatan ISP yang anda punya hingga successfully.

Backup merupakan cadangan data. Keberadaannya dibutuhkan jika sewaktu-waktu website kita tidak berjalan dengan semestinya. Sehingga ada baiknya jika kita melakukannya secara rutin. Minimal seminggu sekali untuk melakukan backup database. Sebab database selalu berkembang setiap saat. Sedangkan untuk backup lewat FTP, bisa melakukannya setiap kali melakukan perubahan pada website. Misalnya proses upgrade, dsb. Demikianlah cara melakukan backup file dan database website melalui phpMyAdmin. Kami harap semoga website anda senantiasa sehat. Selamat Mencoba.