Email – Solusi untuk invalid maildirsize file di cPanel

Setelah melakukan penghapusan suatu email yang ada pada sebuah akun mail baik di inbox, trash atau pun draft melalui webmail, namun pada quota masih terlihat ke penuhan atau bisa “invalid maildirsize”. Untuk masalah tersebut tidak perlu khawatir karena bisa di atasi dengan login ke akses cPanel Domain yang telah ada, yaitu dengan menghapus langsung file maildirsize tersebut terkait dengan akun mail yang masih bermasalah pada folder user atau akun mail. Adapun untuk langkah-langkah melakukan penghapusannya adalah sebagai berikut :

1. Silahkan login ke cPanel Domain dengan mengetikkan link http://namadomain.apa/cpanel sehingga seperti di bawah gambar ini dan sesuai kan username dan password dengan benar.

2. Di halaman utama cari lah kategori “Disk space usage” di menu “Files” lalu klik.

3. Jika telah muncul halaman baru seperti pada gambar di bawah ini, cari lah folder yang bernama “mail/”¬† lalu klik.

4. Pada halaman baru di bawah ini, menunjukkan masuk ke file maneger yaitu mail lalu silahkan masuk ke folder “domain.apa” misal seperti pada gambar dibawah yaitu “pangestupisaneuy.co.cc” klik.

5. Perhatikan kembali hingga telah masuk ke folder “mail/yourdomain.apa/user/ ” contoh pada gambar di bawah ini, lalu carilah file tersebut yaitu “malidirsize” klik kanan dan Delete.

6. Nanti akan muncul pop-up seperti gambar di bawah ini langsung klik saja Delete File.

7. Pastikan tidak ada di folder user seperti gambar dibawah ini.

Pastikan sebelum menghapus file tersebut di webmail  terlebih dahulu telah di hapus kan email nya untuk inbox, trash atau draft. Dan juga untuk email nya sendiri pastikan juga telah di backup atau di tarik ke komputer lokal dengan menggunakan aplikasi atau program misalnya Microsoft Outlook. Selamat mencoba.