Domain – Konfigurasi Name Server, Child Name Server, Manage DNS dan Domain Forwarding

Jika telah memiliki Domain di Ardhosting dengan instansi selain “.id ” akan memperoleh sebuah panel domain untuk melakukan set mulai dari DNS, renew dan lain-lain. Untuk saat ini akan di bantu bagaimana melakukan konfigurasi pada Name Server, Child Name Server, Manage DNS dan Domain Forwarding berikut langkah-langkah nya :

1. Tahap pertama silahkan login ke panel domain yang telah di miliki hingga bisa masuk ke halaman utama. Setelah itu, pilih kategori List All Orders di menu Domain lalu klik, seperti pada gambar.

2. Untuk halaman berikut ini, silahkan langsung klik saja Domain yang ingin di set contoh “gamaluz.comklik.

3. Jika telah muncul seperti gambar di bawah ini, untuk semua konfigurasi di mulai pada halaman ini tahapanya :

  •   Name servers, pada menu Domain Registration cari kategori “Name Servers” lalu klik.

  •  Name servers, untuk halaman ini silahkan sesuaikan keinginan dimana domain akan di arahkan name server -nya hingga sukses lalu klik update name servers.

  •  Child name servers, pada menu Domain Registration cari kategori “Child Name Servers” lalu klik.

  •  Child name servers, untuk halaman ini silahkan sesuaikan keinginan dimana domain akan di arahkan child name server -nya hingga sukses lalu klik update child name servers.

  •  Manage DNS, masih di halaman yang sama namun di menu yang berbeda yaitu pada menu DNS Management, cari kategori “Manage DNS” lalu klik.

  •  Manage DNS, akan muncul seperti gambar di bawah ini. Dari yang terlihat pada gambar disini bisa melakukan pointing IP, MX Records, CNAME dll.

  •  Manage Domain forwarding, masih di halaman yang sama namun juga pada menu yang berbeda yaitu Domain Forwarding. Carilah kategori “Manage domain forwarding” lalu klik.

  •  Manage domain forwarding, pada tahap akhir ini isi lah alamat link yang ingin di forward ke domain dan pilih lah sesuai keinginan untuk URL, Sub dan Path forwarding atau bisa juga default saja. Lalu save.

Untuk konfigurasi Name Server, Child Name Server, Manage DNS dan Domain Forwarding telah di sampaikan langkah-langkah nya. Silahkan di cobakan, namun yang perlu di perhatikan setelah di konfigurasi masa propogasi suatu domain untuk resolve nantinya memakan waktu bisa selama 1×24 jam tetapi terkadang bisa hanya 2 jam setelah konfigurasi itu tergantung dari masing-masing ISP yang digunakan. Selamat mencoba.