Hosting – Mengakses AwStats Tanpa Masuk cPanel

Bagi anda yang menggunakan cPanel, mungkin akan merasa kesal jika setiap kali harus login ke cPanel hanya sekedar untuk melihat statistik pengunjung website. Kadangkala juga sangat mustahil apabila ter blok oleh firewall atau menggunakan proxy yang tidak memperbolehkan akses ke port cPanel. Ada kalanya juga bagi kalangan website marketer yang ingin menunjukkan statistik awstats bagi orang luar guna menaikkan harga jual website.

Tutorial singkat di bawah ini akan menuntun anda bagaimana caranya mengakses statistik website (AwStats) tanpa harus login ke dalam Cpanel.

1. Unduh script AwStats melalui link berikut http://sourceforge.net/projects/awstats/files/AWStats/7.0/awstats-7.0.zip/download

2. Ekstrak semua content dari awstats tadi ke dalam sebuah folder di harddisk anda

3. Gunakan Software FTP Client favorite anda, koneksikan ke hosting anda, contohnya bisa melihat gambar di bawah ini (menggunakan filezilla, bisa diunduh di sini)

4. Buatlah direktori dengan nama awstats di dalam /public_html/cgi-bin

5. Upload semua content yang ada di dalam folder /wwwroot/cgi-bin yang tadi telah anda ekstrak ke dalam hosting anda, letakkan di /public_html/cgi-bin/awstats

6. Ubah permission file awredir.pl dan awstats.pl yang baru saja diupload menjadi 755 supaya bisa diakses

7. Masih menggunakan FTP client, buatlah dua direktori di dalam hosting anda:
/public_html/images
/public_html/images/awstats

8.Upload semua content yang ada dalam folder /wwwroot/icon ke dalam hosting di /public_html/images/awstats

9. Copy file /tmp/awstats/awstats.[namawebsiteanda].conf ke folder /public_html/cgi-bin/awstats

Sampai di sini, anda seharusnya sudah bisa mengakses awstats melalui http://www.namawebsiteanda/cgi-bin/awstats/awstats.pl?config=namawebsiteanda, contohnya seperti gambar di bawah untuk domain kamar-it.com

namun karena bisa diakses oleh siapapun, hal ini menjadi kelemahan dari sisi keamanan sendiri.

Berikut adalah cara mem-proteksi statistik anda :
1. Login ke dalam Cpanel dan klik pada ikon Password Protect Directories

2. Browse ke dalam folder /public_html/cgi-bin dan pilih awstats folder. Sekarang anda akan dihadapkan seperti tampilan di bawah ini


3. Pastikan anda telah berada pada direktori yang benar. Anda dapat memastikannya melalui informasi pada bagian kiri atas (yg bertanda kotak merah).
4. Ceklis cekbox “Directory requires a password to access via the web” dan masukkan nama resource yang di proteksi. Klik Save.
5. Tambahkan akun user yang memperbolehkan untuk mengakses folder tersebut. Jika sudah selesai anda bisa keluar dari Cpanel.

Dengan cara ini, pengunjung akan selalu dimintakan username dan password jika ingin mengakses AwStats tersebut.
Anda juga bisa menggunakan sub-domain untuk mengarahkan langsung ke folder tersebut, caranya masuk ke menu sub-domain dari cpanel, lalu tambahkan misalnya awstats, dan redirect ke alamat http://www.namawebsiteanda/cgi-bin/awstats/awstats.pl?config=namawebsiteanda (ubah namawebsiteanda sesuai dengan domain anda, mis. kamar-it.com).

Demikian, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.