Website – Mengecek Performa Dan Optimasi Website

Dalam dunia SEO (Search Engine Optimization), kecepatan akses suatu website merupakan hal yang penting. Semakin cepat waktu akses sebuah website, maka semakin baik website tersebut di mata mesin pencari semisal google dan sebagainya. Untuk meningkatkan performa website, selain mempercayakan kami sebagai jasa web hosting yang powerfull, optimasi dari sisi script juga tak kalah pentingnya. Berikut saya akan tuliskan beberapa tools di internet yang bermanfaat untuk mengecek dan meningkatkan performa website anda.

        1. Google Speed Tools 

Tool gratis dari google ini cukup diminati oleh para kalangan SEO-ers, cukup menuliskan nama domain anda, dan klik analyze, maka tool ini akan mengecek website anda dan menampilkan score (max 100) untuk performa website tersebut. Kelebihan tool ini adalah menampilkan saran-saran terkait optimasi yang harus dilakukan, saran-saran tersebut terbagi dalam 3 jenis, High Priority (Merah), Medium-Priority(Kuning), dan Low Priority(Biru). Priority yang paling besar biasanya akan memberikan dampak yang signifikan terhadap kecepatan akses website. Tool ini juga mendukung analisa performa website dalam media mobile.

        2.  Gmetrix

Memiliki fungsi yang sama seperti google speed tools, namun ada kelebihan lain dimana kita bisa mengunduh report dari tool ini yang nantinya bisa kita gunakan sebagai media promosi ke pelanggan/klient nantinya. Sangat cocok buat anda yang menempatkan hosting di regional USA karena server region tool ini berada di Canada.

        3. Webpagetest.org

Kelebihan dari tool ini adalah kita bisa menentukan wilayah server juga web browser yang digunakan. Analisa dilakukan dua kali oleh tools ini (First View & Repeat View). Memiliki menu yang cukup lengkap juga forum yang cukup aktif.

Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.