VPS/Dedicated (Linux) – Remote SSH Menggunakan Putty

SSH atau Secure Shell adalah protokol jaringan pada Linux yang memungkinkan pertukaran data antara 2 perangkat jaringan secara aman. SSH dirancang sebagai protokol remote, terutama untuk sistem berbasis Linux, yang memungkinkan kita untuk melakukan eksekusi perintah pada server yang dituju secara remote/jarak jauh hanya dengan media jaringan. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan SSH remote menggunakan aplikasi putty pada windows.

  • Unduh aplikasi putty melalui web browser kesukaan anda di alamat¬†http://the.earth.li/~sgtatham/putty/latest/x86/putty.exe
  • Jalankan aplikasi putty yang telah anda unduh dengan meng-klik kiri tetikus 2 kali.
  • Anda akan dihadapkan sebuah jendela seperti gambar di bawah. Isikan kolom Host Name dengan IP Address VPS/Dedicated server anda dan port dengan port SSH anda (secara default, port SSH adalah 22), lalu klik Open.
  • Jika muncul peringatan putty security alert seperti pada gambar di bawah, klik Yes
  • Isikan kolom “login as” dengan root , dan password dengan pass root VPS/Dedicated server anda. Jika sukses, maka akan muncul seperti pada gambar di bawah, dan anda siap eksekusi perintah apapun melalui putty anda layaknya anda sedang berhadapan dengan terminal Linux secara langsung.
Demikianlah langkah-langkah untuk Remote SSH Menggunakan Putty.