Joomla – Mengatasi Error : Warning: Parameter 1 to modMainMenuHelper::buildXML()

Di dalam era yang membutuhkan sesuatu yang praktis dan tidak berbelit dalam penggunaannya, CMS (Content Management System) Joomla merupakan salah satu favorit bagi kebanyakan pemilik website, baik untuk penggunaan pribadi, organisasi, perusahaan/pemerintahan, karena pemakaian yang cukup mudah dan dukungan plugin/module yang banyak ditemukan. Dengan dasar bahasa pemrograman utama Joomla adalah PHP, yang mana selalu mengadakan perubahan untuk versi-versi nya, maka Joomla pun mau tidak mau harus melakukan upgrade versi mengikuti perkembangan dari bahasa PHP itu sendiri. Pada artikel kali ini akan membahas error yang terjadi, terutama ketika menggunakan Joomla versi 1.5.x pada hosting kami ARDHosting, di mana pada saat artikel ini ditulis, semua server shared kami sudah menjalankan PHP versi 5.3.10 ,  yang mengakibatkan error pada Joomla sehingga memunculkan tulisan “Warning: Parameter 1 to modMainMenuHelper::buildXML()” seperti pada gambar di bawah.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menghilangkan error tersebut.

  • Login ke dalam akun cPanel anda, biasanya diakses menggunakan namadomainanda/cpanel (ubah namadomainanda menjadi domain yang terdaftar, mis. kamar-it.com/cpanel)
  • Klik pada menu File manager
  • Pada jendela “File Manager Directory Selection” yang muncul ketika anda meng-klik File Manager, set direktori dengan Web Root dan checklist Show Hidden Files (dotfiles)
  • Pada direktori folder, pastikan anda saat ini berada pada folder /modules/mod_mainmenu/ pada file manager anda. Untuk masuk ke folder tersebut bisa dengan cara mengklik 2x folder modules >> mengklik 2x folder mod_mainmenu , sehingga anda dihadapkan pada list file seperti gambar di bawah.
  • Klik kanan pada file helper.php , dan pilih Code Edit
  • Carilah baris yang berisikan kode “function buildXML(&$params)” (biasanya pada baris 31) , dan hapus tanda & pada skrip sehingga menjadi : function buildXML($params). Lalu klik Save Changes >> Close
  • Coba akses kembali website anda. Jika step di atas telah dilakukan dengan benar, maka fungsi menu joomla anda akan kembali normal seperti tampilan di bawah.
Demikianlah langkah-langkah untuk menghilangkan error  “Warning: Parameter 1 to modMainMenuHelper::buildXML()” pada Joomla.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.