Hosting – Mengatasi Error “php functions”

Setiap aplikasi memiliki versi tersendiri sesuai perkembangan waktu, semakin tinggi versi nya maka semakin lebih baik performa nya untuk ke depan. Begitu juga dengan PHP memiliki tingkatan versi dalam penggunaan nya, untuk artikel ini akan membahas ada nya beberapa error yang kerap terjadi pada php functions dari beberapa open source atau CMS yang di gunakan para Hosting-er ketika server telah melakukan upgrade versi misal nya php version 5.2.x upgrade to php version 5.3.x sampai php version 5.4.x .

Adapun beberapa error tersebut dan cara mengatasi nya adalah sebagai berikut :

1. Error pertama, jika melakukan akses domain Anda muncul tentang function date maka yang di konfigurasi adalah script dari zona waktu nya. Misal pada kutipan error berikut :

date() [function.date]: It is not safe to rely on the system’s timezone settings. Please use the date.timezone setting, the TZ environment variable or the date_default_timezone_set() function. In case you used any of those methods and you are still getting this warning, you most likely misspelled the timezone identifier. We selected ‘America/Los_Angeles’ for ‘PST/-8.0/no DST’ instead

Untuk mengatasi nya ada dua pilihan karena tergantung dari open source atau CMS yang di gunakan begitu juga error nya. Di antaranya :

  • Tambahkan script pada file yang tertuju dengan “line” terjadi nya error, jika error tersebut merujuk ke sebuah file dengan script nya date_default_timezone_set(“Asia/Jakarta”);  lalu simpan.
  • Tambahkan satu file pada folder “public_html” yaitu php.ini lalu isi kan dengan perintah date.timezone = “Asia/Jakarta”  lalu simpan.

2. Error kedua, biasanya juga terjadi pada fungsi Function.php nya seperti berikut :

Warning: Parameter 2 to frontpage() expected to be a reference, value given in C:\xampp\htdocs\mambo\includes\Cache\Lite\Function.php on line 100

Untuk mengatasi nya hanya mencari file Function.php yang baru lalu replace functions. Untuk mencari download file nya ” fix_joomla_10x_php_530.zip “.

3. Error ketiga, bisa terjadi pada parameternya juga, salah satu contoh :

example message “Warning: trim() expects parameter 1 to be string, array given in /home/etw/public_html/morecambe/libraries/joomla/html/parameter.php on line 83″

Untuk solusinya bisa di perhatikan dengan edit file seperti di bawah ini :

Index: libraries/joomla/html/html.php

return call_user_func_array( array( $className, $func ), $args ); } else

just change it to this:  return call_user_func_array( array( $className, $func ), &$args ); } else

Setelah itu save dan jalan kan kembali.

4. Error ke empat, biasanya bermasalah pada PDO database nya dan menjalankan session seperti pada di bawah ini :

* Fatal error: Class ‘PDO’ not found in /home/…/public_html/drupal/includes/database/database.inc on line 184 Fatal error:

* Fatal error: session_start()

Untuk solusi nya bisa di tambahkan saja beberapa scriot pada file php.ini khusus PDO seperti ini :

memory_limit = 128M
safe_mode = off
session.cache_limiter = nocache
open_basedir = none
extension=pdo.so
extension=pdo_sqlite.so
extension=sqlite.soextension=pdo_mysql.so

Untuk session sendiri di edit pada file .htaccess nya :

session.use_trans_sid – on
session.save_path – /tmp
session.save_handler – files

Setelah itu save dan di cobakan kembali menjalankan tampilan website nya. Selamat mencoba.