Hosting – Reset Password Drupal


Drupal merupakan Content Management System yang bersifat Open Source sehingga bebas untuk digunakan untuk keperluan apa saja. Drupal juga pernah mendapat beberapa prestasi menarik. Drupal pernah terpilih sebagai overall winner dalam Open Source CMS Award 2007 Packt Pub dan CNET Webware 100 award memberikan gambaran kesuksesan Drupal di dunia website. Mulai dari Mei 2007 hingga April 2008, Drupal telah diunduh lebih dari 1,4 juta kali. Jumlah pengunduhan bertambah 125% setiap tahunnya. Banyak situs-situs besar yang menggunakan Drupal seperti MTV UK, Vocalo.org, SpiritLibrary.com,Drigg dan lainnya.

Dryies Buytaert adalah orang yang menjadi pendiri CMS hebat ini. Awal nya Drupal bukan merupakan CMS yang open source, namun pada tahun 2001 Dryies Buytaert menjadikan Drupal sebagai proyek open source. Menggunakan lisensi open source membuat banyak developer dengan bebas mengunduh, menggunakan untuk keperluan bisnis, serta mengubah struktur Drupal dengan bebas. Kemampuan Drupal yang modular dan sangat tangguh membuat banyak pihak dapat berkontribusi dengan bebas. Seiring dengan waktu, Drupal semakin berkembang pesat. Dries Buytaert yang memahami kolaborasi bisnis dan open source, mulai menggali potensi didalam Drupal. Kali ini akan dibahas cara untuk reset password di Drupal 7.x. Sedikit berbeda dari versi Drupall sebelumnya yang dapat dengan mudah mereset password user hanya dengan mengganti field “pass” pada table “dr_users” dengan code hasil generate md5.
Untuk Drupal versi 7.x sedikit berbeda karena memutuhkan hash code generate tersendiri, untuk melakukannya dapat mengikuti langkah-langkah berikut :

  • Pertama yang harus dilakukan adalah login ke cpanel dan masuk kedalam php myadmin, buka database Drupal dan pilih table dr_users.
  • Langkah berikutnya membuat script untuk mendapatkan hash code password untuk Drupal.  Masuk kedalam Directory Drupal terinstal, misal home/public_html/drupal  didalam directory tersebut buat file baru dengan nama ubahpass.php.
  • Lalu isikikan script berikut;

    <?php
    define(‘DRUPAL_ROOT’, getcwd());

    require_once DRUPAL_ROOT . ‘/includes/bootstrap.inc’;
    require_once ‘includes/password.inc’;
    echo user_hash_password(‘passwordbaru’);
    die();

    Untuk echo user_hash_password(‘passwordbaru’);

  • Dari browser anda jalankan file ubahpass.php tersebut bila mengikuti langkah tersebut buka http://namadomain.com/drupal/ubahpass.php.
  • Akan ada hasil berupa hash code, copy hash code tersebut dan duplikasi kedatabase drupal anda di table dr_users ke field pass dan record yang diinginkan, misal admin.  Bila sudah maka tinggal klik GO button dihalaman bawah.

Dengan mengikuti langkah diatas maka akan didapat password baru untuk user admin dengan password tampan.  Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.