Hosting – Memproteksi Directory via skrip .htaccess

.htaccess adalah sebuah berkas/file konfigurasi yang digunakan pada web server dengan Apache. Ketika sebuah file .htaccess diletakkan pada sebuah direktori, maka ia akan terdeteksi dan kemudian dieksekusi oleh Web Server Apache.

File-file .htaccess dapat digunakan untuk mengubah konfigurasi dari Web Server Apache untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fungsi tambahan dan fitur-fitur yang disediakan oleh Web Server Apache itu sendiri.

Salah satu kegunaan .htaccess adalah melakukan proteksi tehadap suatu directory tertentu dengan password,  berikut adalah langkah-langkah singkat yang dapat di ikuti :

  • Login ke cpanel anda masuk kedalam file manager dan public_html,  tentukan directory mana yang ingin di proteksi maka buatkan file .htaccess dan file .htpasswd .

 

 

  • Lalu Masukkan Script Dibawah ini ke dalam .htaccess tersebut.

 

 

  • Dan untuk .htpasswd dapat dilakukan generate dahulu untuk passwordnya di link berikut http://www.tools.dynamicdrive.com/password/.  Lalu isikan kedalam file .htaccess seperti di bawah ini.

  • Hasil alkhirnya bila mengakses riz-al.co.cc/info maka akan keluar form login.

 

 

Dengan menggunakan .htaccess tersebut maka setiap membuka directory yang ada didalam website akan meminta password dahulu.   Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.