VPS Hosting – Instalasi Webmin

Secara default, VPS tidak memiliki control panel untuk mempermudah pengaturan konfigurasi server. WHM/cPanel adalah salah satu solusi, namun biaya licensi menjadi pertimbangan tersendiri bagi beberapa orang untuk tidak menggunakannya. Webmin adalah solusi bagi anda yang  menginginkan control panel server yang mudah digunakan serta tidak dikenakan biaya tambahan. Pada tulisan kali ini akan diberikan cara-cara instalasi webmin pada VPS (bisa juga diterapkan pada Dedicated/Colocation Server), dengan basis sistem operasi CentOS 5.x  . Berikut adalah langkah-langkahnya :

  • Masuk ke VPS anda via koneksi remote SSH, bisa merujuk dengan mengklik di sini (remote SSH via aplikasi Putty)
  • Unduh source webmin dengan mengetikkan : “wget http://prdownloads.sourceforge.net/webadmin/webmin-1.590-1.noarch.rpm” tanpa tanda kutip dan klik enter pada terminal SSH anda, tunggu sampai proses unduh selesai.
  • Install perl sebelum memulai instalasi webmin dengan mengetikkan : “yum install perl” tanpa tanda kutip dan klik enter pada terminal SSH anda. Perl dibutuhkan untuk menjalankan webmin, ketik y dan enter untuk melanjutkan instalasi perl melalui yum.
  • Install webmin dengan mengetikkan : “rpm –U webmin-1.590-1.noarch.rpm” tanpa tanda kutip dan klik enter. Tunggu sampai proses instalasi selesai. Jika muncul tulisan “Webmin install complete”, berarti instalasi sukses.
  • Untuk login ke control panel webmin anda, buka web browser, dan ketikkan ip server anda dengan port tujuan 10000, dalam contoh kali ini dimisalkan http://113.20.28.220:10000/ . Isikan username dengan root, dan kolom password dengan pass root server anda, dan klik Login sehingga akan tampil menu utama webmin seperti pada gambar di bawah ini

Demikianlah langkah-langkah untuk melakukan instalasi webmin pada VPS. Untuk konfigurasi secara mendalam, bisa merujuk pada dokumentasi webmin di situs utama webmin, atau dengan mencari kata kunci “webmin” pada blog kami, di mana secara berkala kami akan menambahkan artikel terbaru, terutama terkait konfigurasi webmin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.