cPanel – Management DNS

Pada cPanel, terdapat fasilitas untuk management DNS, yang bisa digunakan untuk konfigurasi A record, CNAME record dan TXT record, untuk domain-domain yang terpasang pada akun tersebut. Untuk menggunakan fitur tersebut, login ke dalam cPanel anda yang biasanya diakses dengan alamat namadomain.apa/cpanel (ubah namadomain.apa menjadi domain anda). Lalu masuk ke menu Advanced DNS Zone Editor .

 

Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

  1. Menambah A Record
Asumsi domain utama adalah namadomain.apa, lalu ingin membuat record untuk www.namadomain.apa. yang diarahkan ke IP 111.22.33.44. Langkahnya, pada bagian Add a record, isikan kolom name dengan www (otomatis akan melengkapi menjadi www.namadomain.apa. ketika berpindah kolom) , TTL dengan 14400, Type A, dan Address dengan alamat IP yang dituju (111.22.33.44), lalu klik Add Record. Contohnya seperti gambar di bawah.
 
  1. Menambah TXT Record
Pada kolom Add a Record, isikan name dengan nama domain yang ingin disetting (misal namadomain.apa.), TTL dengan 14400, Type TXT, dan TXT Data dengan nilai sesuai yang diinginkan, lalu klik Add Record. Contohnya seperti gambar di bawah.

  1. Menambah CNAME Record
Pada kolom Add a Record, isikan name dengan nama domain yang ingin di arahkan CNAME nya (misal www.namadomain.apa.), TTL dengan 14400, Type CNAME, dan CNAME dengan nilai yang diinginkan, misalnya akan diarahkan ke namadomain.apa, lalu klik Add Record. Contohnya seperti gambar di bawah.
  1. Mengedit/Menghapus A record/TXT Record/CNAME Record
Pada bagian Zone File Records, terdapat kolom Action dengan 2 pilihan, Edit dan Delete. Klik Edit untuk mengubah settingan dan klik Edit Record, atau Delete untuk menghapusnya.
Demikianlah langkah-langkah untuk Management DNS pada cPanel. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.