Domain – Mengubah Domain BlogSpot Menjadi Nama Domain Pribadi

Blog atau web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. (sumber: wikipedia)

Blogger atau yang biasa disebut blogspot, merupakan salah satu perangkat blog yang bisa digunakan secara gratis. Secara umum, domain sebuah blog yang dipasang di blogger menggunakan subdomain dari domain blogspot.com, semisal apa.blogspot.com. Bagi sebagian orang, nama domain seperti ini kurang unik. Blogger sudah menyiasati hal ini dengan memperbolehkan penggunaan domain pribadi untuk blogspot atau yang disebut dengan custom domain. Pada artikel kali ini akan dijelaskan langkah-langkah mengubah domain blogspot menjadi domain pribadi. Sebelum memulai, pastikan anda telah memiliki domain pribadi dan statusnya aktif. Jika belum memiliki domain, silahkan melakukan pemesanan dahulu melalui kami di halaman http://www.billingmedia.com/domainchecker.php .

  1. Login ke dalam akun blogger anda di alamat http://www.blogger.com .
  2. Lihat pada sisi kanan dari nama blog anda di blogger yang ingin diubah nama domainnya, klik pada menu “Buka Daftar Entry”, lalu pilih opsi lainnya, dan klik Setelan/Setting seperti pada contoh gambar di bawah.

  1. Pada kolom penerbitan, klik pada tulisan berwarna biru “+ Tambahkan domain khusus”.
  1. Pada kolom setelan lanjutan, isikan dengan nama domain pribadi anda yang ingin diarahkan ke blogspot dan klik simpan, akan muncul error dan perintah untuk mengeset 2 buah record CNAME pada domain manager anda, catat record ini karena berbeda-beda untuk tiap domain.

  1. Buka halaman baru pada web browser anda, dan tujukan ke alamat domain manager anda di kami di alamat http://cp.ardhosting.com . Login menggunakan username dan password anda sesuai e-mail yang kami kirimkan sebelumnya. Jika mengalami kesulitan login domain manager, silahkan hubungi bagian support kami.
  2. Arahkan kursor mouse anda pada menu Manage Orders dan klik List/Search Orders pada domain manager anda.

  1. Klik pada nama domain pribadi anda yang ingin diarahkan ke blogger/blogspot.
  2. Klik pada menu Name Servers, dan pastikan telah mengarah ke dns1-dns4.ardhosting.com seperti gambar di bawah ini, lalu klik Update Nameservers.
  1. Masih di domain manager, klik pada menu DNS Management, dan klik Manage DNS
  1. Klik Add A Record, lalu pada kolom Destination IPv4 Address masukkan 216.239.32.21 dan klik Add Record. Ulangi kembali dengan memasukkan 3 record lagi yaitu 216.239.34.21, 216.239.36.21, dan 216.239.38.21 . Sehingga total ada 4 record yang dimasukkan pada A Record domain manager anda. Pastikan pada A Record kini hanya memiliki 4 data tersebut, jika ada record lain silahkan dihapus saja.
  1. Klik pada CNAME Records, lalu klik Add CNAME Record, dan isikan untuk record pertama dan kedua dengan data dari blogger sebelumnya pada langkah ke 4 lalu simpan. Isikan sesuai petunjuk gambar di bawah, dan perlu diingat untuk tiap domain berbeda-beda recordnya terutama untuk record kedua sesuai langkah point ke 4 pada artikel ini.

CNAME Record pertama

CNAME Record kedua

  1. Konfigurasi pada sisi domain manager selesai sampai di sini. Selanjutnya adalah menunggu masa propagasi dari google yang biasanya memakan waktu antara 24-48 jam sampai domain pribadi anda bisa ditambahkan pada sisi blogger/blogspot pada langkah point ke 4 sebelumnya. Pastikan anda juga menceklis pilihan alihkan namadomain.apa ke www.namadomain.apa (asumsikan namadomain.apa adalah nama domain anda).

Demikianlah langkah-langkah untuk mengubah domain blogspot menjadi nama domain pribadi. Apabila anda mengalami kendala, silahkan konsultasikan dengan bagian support kami.

Comments
  1. Azmi Zaeni | Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.