VPS Hosting – Mengambil Data Backup Via SFTP

Pada VPS Hosting, sangat penting untuk mengambil data backup secara periodik dari server VPS anda, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kerusakan fatal secara tiba-tiba yang membuat data backup anda yang tersimpan pada VPS bisa hilang. Pada artikel kali ini akan dijelaskan langkah-langkah mengambil data backup VPS dan memindahkannya ke dalam komputer lokal anda menggunakan SFTP. SFTP adalah protokol untuk kirim/terima data menggunakan sambungan aman selevel dengan root, sehingga memungkinkan anda untuk mengakses semua data pada server. Sebelumnya anda juga bisa merujuk juga pada artikel kami tentang Konfigurasi Backup Pada WHM untuk memastikan sistem backup anda telah berjalan dengan baik. Berikut adalah langkah-langkah lengkapnya:

  1. Untuk melakukan koneksi SFTP, diperlukan aplikasi khusus salah satunya adalah Filezilla FTP Client. Jika anda belum memiliki aplikasi tersebut, silahkan unduh pada http://filezilla-project.org/ , dan install pada komputer anda.
  2. Buka aplikasi Filezilla FTP Client.
  3. Pada kolom host, masukkan sftp://ip_address_vps_anda, username dengan root, password dengan password root VPS anda, dan port isi dengan port SSH anda (default 22), lalu klik Quickconnect.

Contoh koneksi sftp ke sebuah vps server, di mana port ssh nya 2222

  1. Pada sisi sebelah kiri, arahkan ke folder komputer lokal tempat anda ingin menyimpan data backupnya.
  2. Pada sisi sebelah kanan, set remote site nya ke direktori / , sehingga akan muncul direktori backup. Masuk ke direktori backup dengan mengklik kiri 2x. Pindahkan data backup yang anda inginkan (daily, weekly atau monthly) dengan cara drag & drop dari sisi kanan ke sisi kiri tempat anda ingin menyimpan data backup nya di komputer lokal anda. Tunggu sampai proses unduh selesai.
  3. Matikan sambungan sftp jika proses pemindahan telah selesai, dengan mengklik logo silang pada aplikasi Filezilla FTP Client.

Demikianlah langkah-langkah untuk mengambil data backup VPS Hosting via SFTP. Semoga bermanfaat.