Hosting – Konfigurasi DNS di cPanel untuk Mengarahkan ke Blogger


Blog merupakan singkatan dari web logadalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Blogspot adalah salah satu penyedia web blog geratis yang dapat digunakan oleh banyak orang.  Pada dasarnya alamat blog yang diciptakan adalah namablog.blogspot.com namun hal ini dapat di rubah menjadi nama domain kita sendiri seperti namadomain.com

Beberapa cara dapat digunakan untuk mengarahkan namadomain yang ada, seperti mengarahkan A record dan CNAME record pada panel domain ke arah blogspot.   atau cara lain mengarahkan dns zone bila domain sebelumnya sudah memiliki hosting tersendiri menggunakan cpanel.
Yang akan dibahas kali ini adalah mengarahkan domain ke blog  spot melalui cpanel.

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan setting cpanel agar dapat mengarahkan domain anda ke blogspot.

  1. Pertama kita login ke blogger dan masuk ke blog address, masukkan nama domain berikut www. dan klik setting instruction untuk mendapatkan cname verifikasi.

blog address melalui setting -> basic

 Cname record yang nantinya akan kita tambah di dns zone cpanel

  1. Setelah mendapatkan cname yang di perlukan masuk ke Advance dns zone melalui cpanel.

  1.  Masukkan A record dan Cname yang sudah kita dapatkan dari blogspot ke dalam tabel dns zone seperti gambar di bawah ini.

  1. Langkah terakhir adalah melakukan verifikasi dan save setting.

Setelah melakukan setting seperti di atas, hanya tinggal menunggu masa propagasi 24 sampai 58 jam.  Selamat mencoba.

  • Muhammad Waseem

    I had this issue few day ago and couldn’t fix it. Thats when I started googling and found a team of friendly people called called ServerBuddies. They provide quality remote server management, including troubleshooting, Server Management, Plesk Support, Server Maintenance, Server Monitoring, Server Troubleshooting and support at a affordable rates. Here are option for Server Management, Server Maintenance, Server Monitoring, Server Troubleshooting, Server Optimization, Plesk Support, Linux Support, cPanel Support and Plesk Support. They are great, I highly recommend to use these guys!