Domain – Mengubah Domain Weebly Menjadi Nama Domain Pribadi

Weebly adalah sebuah sarana untuk membuat website gratis. Menggunakan format widget, memungkinkan pengguna untuk membuat halaman dengan hanya beberapa klik, menyeret dan menjatuhkan elemen halaman yang berbeda (gambar, teks, atau konten interaktif, dll) ke halaman dan mengisi konten. Jika anda memiliki web di weebly, dan memiliki domain pribadi yang telah dipesan di kami, berikut kami tuliskan cara untuk mengubah domain weebly menjadi nama domain pribadi. Jika anda belum memiliki nama domain pribadi, silahkan memesan di halaman http://www.billingmedia.com/domainchecker.php

  1. Login ke dalam dashboard weebly di http://www.weebly.com
  2. Pada menu “My Sites”, klik “Edit” pada website anda yang ingin diarahkan menjadi domain pribadi.

weebly1

  1.  Klik pada menu “Settings”.

weebly2

  1.  Klik “Change” pada kolom “Site Address”, lalu pilih “Use a Domain You Already Own”, dan masukkan nama domain pribadi anda, dalam artikel ini dicontohkan “www.ardhosting.com”, klik “Continue” untuk melanjutkan.

weebly3

  1.  Akan muncul 2 Pilihan untuk tata cara konfigurasi domain, untuk artikel ini kita akan gunakan option 2, silahkan klik pada “see instructions” di pilihan B (Make the DNS Changes Yourself), dan catat 2 A record yang harus ditambahkan pada domain manager anda nantinya. Klik “Continue” untuk melanjutkan.

weebly4

  1.  Buka tab/halaman baru pada web browser anda, login ke dalam domain manager anda yang telah dipesan di kami yang beralamat di http://cp.ardhosting.com/customer atau http://manage2.ardhosting.com/customer (jika domain dipesan sebelum tahun 2010). Jika anda lupa dengan username/password nya, silahkan menghubungi kami via e-mail ke support@ardhosting.com

weebly5

  1.  Arahkan kursor pada menu “Manage Orders”, lalu klik pada sub menu “List/Search Orders”. Lalu klik pada nama domainnya sehingga muncul halaman baru di web browser.

weebly6

  1.  Klik pada “Name Servers”, pastikan terisi dengan dns1.ardhosting.com s/d dns4.ardhosting.com. Jika belum, silahkan dirubah sesuai pada gambar di bawah, lalu klik “Update Name Servers” untuk menerapkan perubahan.

weebly7

  1.  Klik “Manage DNS” pada bagian “DNS Management”, akan muncul halaman lain untuk pengaturan DNS.
  2. Pada menu “A Records”,  klik “Add A Record”, lalu masukkan A record sesuai petunjuk pada point 5 sebelumnya. Jika sebelumnya telah ada record untuk www dan @, silahkan mengklik pada tulisan record tersebut, dan klik “Modify Record”, dan ubah IP nya sesuai petunjuk pada point 5 dari weebly. Contohnya dapat melihat pada gambar di bawah.

weebly8

weebly9

  1.  Simpan perubahan. Tunggu masa propagasi pengarahan domain maksimal 24 jam, hingga domain dapat diakses sepenuhnya via web browser.

Demikianlah langkah-langkah untuk mengubah domain weebly menjadi nama domain pribadi. Semoga bermanfaat.

  • july

    Permisi kak numpang tanya apakah kita msh bs mengganti nama domain pada weebly seperti cara2 diatas kak? Soalnya ak ada baca2 review katanya custom domain hanya berlaku smpai tahun 2013 aja kak, sedangkan skrg sdh thn 2014, kira2 kita msh bs setting domain diweebly gk kak? Mohon pencerahannya hehe.. Makasih sblmnya :)

    • admin

      Hallu,

      Berdasakan penelusuan, custom domain weebly masih dapat dilakukan. Sebagaimana ponting domain lainnya, anda hanya perlu melakukan beberapa penyesuaian/ penambahan record dns pada panel domain, detail lebih lanjut dapat anda review pada halaman berikut ini

  • adi

    mas, mau tanya. sekarang custom domain weebly harus berbayar dan dari weebly’y langsung yaa?

    • admin

      Hallu,

      Sempat dilakukan percobaan setup custom domain pada akun weebly yang baru dibuat. Hasilnya anda akan diarahkan ke service berbayar atau purcase domain pada weebly untuk setup custom domain pada provider tersebut. Terima kasih atas informasi anda :)