Domain – Prosedur Melakukan Pemesanan Domain

Nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya “ardhosting.com”. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website. Lebih lengkap tentang domain silahkan klik di sini.

Berikut akan kami tuliskan prosedur pemesanan domain internasional (.com/.info/.net dst) melalui halaman website kami.

  1. Kunjungi halaman website utama kami http://www.ardhosting.com
  2. Arahkan kursor mouse anda pada menu Domain, lalu klik pada Pendaftaran/Transfer Domain Intl/.ID

domain

  1.  Jika anda hendak memesan satu domain saja, silahkan langsung diisikan nama domain yang ingin anda pesan pada kolom pemesanan tersebut, isikan kode keamanan yang muncul lalu klik lookup. Jika domain tersebut bisa didaftarkan, maka akan muncul statusnya “Available! Order Now”. Silahkan di klik order now untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

domain2

  1. Jika domain yang ingin anda beli lebih dari satu, silahkan klik pada bulk domain search, lalu masukkan per baris nama-nama domain yang hendak anda pesan, lalu isikan kode keamanan dan klik lookup. Jika domain-domain tersebut bisa didaftarkan, maka akan muncul statusnya “Available! Order Now”. Ceklis masing-masing domain yang available, lalu klik order now untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

domain3

  1. Selanjutnya anda akan dihadapkan pada pilihan mengaktifkan ID Protection dan konfigurasi Nameserver. ID Protection berfungsi menyembunyikan identitas diri anda dari pencarian domain semacam who.is. Sedangkan nameserver adalah alamat penunjuk lokasi hosting anda, jika hosting anda ingin diletakkan di kami juga, tidak perlu merubah kolom yang sudah terisi dengan nameserver kami. Jika hosting nya di tempat lain, silahkan koordinasikan dengan pengelola hosting anda, atau biarkan seperti isian nameserver kami karena hal ini bisa dirubah dari panel domain nantinya. Klik “Update Cart” untuk melanjutkan.
  2. Cek ulang untuk memastikan pemesanan telah sesuai dengan yang anda inginkan, lalu klik “Checkout” untuk melanjutkan.
  3. Silahkan isikan biodata diri anda pada kolom isian. Jika telah memiliki akun klient area (billingmedia.com) di kami, silahkan login dengan akun tersebut. Pilih metode pembayaran, dan ceklis pilihan “I have read and agree to the Terms of Service” dan klik “Complete Order”.

domain4

  1. Akan muncul halaman invoice. Silahkan lakukan pembayarannya ke salah satu rekening kami sesuai yang tercantum pada e-mail invoice yang terkirim ke alamat e-mail anda. Setelah melakukan pembayaran, silahkan konfirmasikan dengan mengisi form konfirmasi pembayaran atau kirimkan mail ke billing@ardhosting.com.

Demikian prosedur untuk melakukan pemesanan domain. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.