Windows Hosting – Cara Merubah Versi PHP Pada Plesk 11

Perkembangan bahasa pemrograman berbasis website saat ini semakin berkembang. Dari semua bahasa pemrograman yang ada, PHP adalah salah satu nya, terutama untuk pengembangan website dinamis yang memerlukan aktivitas ke database. Dari tahun ke tahun, versi PHP sendiri mengami perkembangan, baik update yang bersifat menyeluruh/pokok maupun update yang sifatnya tambalan dari update pokok yang telah dikeluarkan. Update PHP yang bersifat pokok, ditandai dengan 2 digit no awal versi, semisal 5.1 , 5.2 , 5.3 dan seterusnya. Sedangkan digit ketiga semisal 5.3.1 , 5.3.2, 5.3.3 dan seterusnya merupakan update tambahan. Seringkali update pokok tidak kompatibel dengan update pokok lainnya. Hal ini dikarenakan pada update pokok terdapat pula perubahan variabel, sehingga mengharuskan developer mengubah sisi kodingan yang tentunya merepotkan.

Bagi pelanggan kami yang menggunakan paket shared/reseller hosting windows, dan menjalankan web berbasis PHP, maka tidak perlu khawatir dengan hal ini. Dengan update terbaru plesk yang belum lama ini kami lakukan (menjadi plesk 11 dari sebelumnya plesk 9 saat artikel ini dibuat), menjadikan perubahan versi PHP yang dijalankan cukup dengan beberapa klik saja. Berikut adalah langkah-langkahnya :

  1. Login ke dalam akun plesk. Detail login senantiasa kami kirimkan ke email pendaftaran paska akun hosting aktif. Jika belum menerima atau tidak dapat login, silahkan hubungi bagian support kami. Untuk url nya sendiri dapat diakses di alamat https://namadomain.apa:8443 (ubah namadomain.apa menjadi nama domain yang telah didaftarkan pada pemesanan hosting).

plesk1

  1. Klik tanda panah ke bawah (lihat gambar) untuk membuka settingan lebih lanjut, lalu klik pada menu “Website Scripting and Security”.

plesk2

plesk3

  1. Scroll mouse ke bawah hingga terlihat kolom “Web Scripting and Statistics”. Pada bagian PHP Support, dapat dirubah tipe protokol/”handler” PHP serta versinya. Klik OK untuk menyimpan perubahan.

plesk4

 Demikianlah cara merubah versi PHP pada Plesk 11. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.