Informasi Relokasi Akun Hosting & Rekonfigurasi Server

Dengan hormat,

Pertama-tama kami ucapkan terima kasih karena mempercayakan ArdHosting sebagai penyedia layanan web hosting Anda.

Bersama mail ini kami teruskan informasi tentang rencana pemindahan akun hosting Anda ke server kami yang lain serta rekonfigurasi fitur di sisi server.

REKONFIGURASI SERVER

Adapun beberapa pertimbangan yang mendasari perelokasikan akun hosting dan rekonfigurasi di sisi server adalah sebagai berikut.

  • Kendala elektrikal yang sempat terjadi di sisi data center, sehingga menimbulkan downtime server.
  • Kendala teknikal di periferal server paska gangguan elektrikal di data center.
  • Pengembangan PHP versi 5.3.x yang telah mencapai akhir [end of life].
  • Penggunaan resources server yang belum berimbang antar pengguna.
  • Eksploitasi celah di skrip situs pengguna untuk aktivitas malware.

Berdasarkan beberapa hal utama di atas, maka kami telah melakukan analisa serta menyiapkan sebuah infrastruktur dan konfigurasi baru guna mereduksi kendala-kendala tersebut. Penjelasan lebih detil tentang penanganannya dapat disimak dan dipelajari di bawah ini.

Kendala Elektrikal dan Periferal

Dalam beberapa kurun waktu terakhir kami dapati adanya gangguan elektrikal di sisi data center yang secara khusus menimbulkan gangguan teknikal terhadap periferal server serta inkonsistensi data. Kejadian di luar kewenangan kami ini tentunya berdampak secara langsung terhadap klien kami pula. Untuk itu secara bertahap kami akan merelokasikan akun hosting ke infrastruktur yang baru di data center yang lebih baik lagi kualitasnya.

Pembaruan Modul

Perkembangan aplikasi yang terus berjalan tentunya juga harus tetap kami akomodasi sejalan dengan kebutuhan klien. Untuk itu pembaruan modul aplikasi di sisi server juga kami terapkan di infrastruktur server yang baru. Adapun beberapa pembaruan utama yang dilakukan adalah penggunaan versi PHP dan MySQL terbaru [beserta modul pendukungnya] serta pembaruan modul WHM & cPanel terbaru.

Tidak lupa kami juga tetap menyediakan sebuah PHP versi lama [5.3.x] di server yang baru guna memenuhi kebutuhan klien yang masih menggunakan skrip lama atau masih dalam pengembangan serta penyeduaian ke PHP versi terbaru. Akan tetapi penyediaan versi lama ini tentunya tidak dapat kami akomodasi secara penuh seperti halnya PHP yang baru, mengingat pengembangan dan dukungan terhadap PHP lama juga telah mencapai masa akhir.

Penyeragaman Alokasi Resources

Kembali lagi pada hakikat layanan shared hosting yang didalam sebuah server terdapat beberapa akun hosting milik klien serta menggunakan sebuah resources secara bersamaan, maka penyeragaman alokasi resources juga telah kami rumuskan sedemikian rupa agar tiap klien mendapatkan jatah yang sama tanpa kecuali. Adapun penyeragaman via penerapan limitasi ini kami pandang perlu dan penting agar operasional sistem juga berjalan stabil, yang tentunya juga masing-masing klien mendapatkan layanan yang terbaik pula.

Bagi Anda yang membutuhkan alokasi resources yang lebih tinggi serta keleluasaan dalam pengelolaannya, maka kami juga telah menyiapkan beberapa layanan di atas shared hosting guna menjawab kebutuhan operasional web hosting Anda. Untuk itu tidak perlu khawatir jika skrip situs Anda nantinya telah mencapai limitasi di layanan shared hosting.

Pencegahan Eksploitasi Akun Hosting

Tidak lupa kami juga telah melakukan pemantauan dan pemeriksaan secara berkala di sisi server berkaitan dengan aktivitas malware. Hal ini tidak kalah pentingnya dan juga menjadi perhatian khusus kami dalam memberikan pelayanan terhadap klien. Untuk itu beberapa rumusan juga telah kami terapkan di infrastruktur server yang baru sebagai langkah preventis terhadap eksploitasi akun hosting klien.

Sebut saja seperti penerapan penggunaan password dengan tingkat kesulitan tinggi agar tidak mudah disusupi oleh pihak yang tidak berkepentingan. Berikutnya penerapan lingkungan mandiri untuk masing-masing akun hosting untuk mencegah eksploitasi antar akun hosting. Ada pula pembatasan jumlah kesalahan validasi akun guna menangkal penyusupan dan penggunaan akun oleh pihak lain.

RELOKASI AKUN HOSTING

Adapun relokasi akun hosting akan dilakukan secara bertahap dengan cara pembuatan backup akun hosting kondisi terkini, lalu direstorasikan di server yang baru. Sedangkan detil jadwal pelaksanaannya adalah sebagai berikut.

Tanggal : 03 Desember 2014
Pukul : 21:00 WIB – Selesai
Hal : Relokasi akun hosting

Mohon kerjasama dari pihak Anda untuk sebisa mungkin tidak melakukan pembaruan selama relokasi berlangsung agar tidak terjadi inkonsistensi data paska relokasi nantinya. Selama relokasi berlangsung semua layanan di sisi server tetap dalam kondisi aktif [tanpa downtime] agar operasional web hosting Anda juga tidak terganggu.

PASKA RELOKASI

Informasi IP address yang baru akan kami informasikan melalui mail terpisah agar diketahui bersama dan dapat Anda sesuaikan pula jika memiliki kustomisasi record DNS. Khusus bagi Anda yang menggunakan dedicated IP address di layanan shared hosting, maka kami akan mengirimkan alokasi IP address yang baru paska relokasi.

Jika ada pertanyaan terkait informasi di atas, silakan diskusikan dengan staf teknikal kami baik melalui mail, mesenjer atau telepon. Demikian informasi ini kami sampaikan dan terima kasih atas kerjasamanya.

Status : DONE

Hormat kami,

ArdHosting – Fast & Reliable Web Hosting

Technical Support

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.