5 TIPS YANG PERLU DIKETAHUI PADA WORDPRESS UNTUK PEMULA

5 tips penting

1. Buka Link Menu  Navigation Menu Pada Halaman Baru 

Pada suatu waktu seringkali kita perlu  membuat link menu navigasi terbuka pada halaman baru . masalahnya adalah kita tidak melihat pilihan untuk melakukan hal tersebut ketika mencoba menambahkan menu item.

Sebenarnya pilihan tersebut tersembunyi kita perlu untuk meng klik pada  “ screen options “ pada kanan atas sudut layar dan cek pilihan  ‘link target’. Kemudian klik save.

1

Kemudian kamu perlu  scroll kebawah ke menu item yang ingin di buka pada halaman baru . klik pada menu item untuk membuka nya  dan kamu akan melihat pilihan untuk membuka link pada tab yang baru.2

2. Menambah Banyak Pengarang Tulisan Pada Post WordPress

Pada setingan default WordPress post diperuntukkan untuk satu pengarang tulisan . jika kita ingin menambahkan lebih dari satu pengarang tulisan, maka berikut cara mudah untuk melakukannya :

  1. Kita  perlu untuk meng  install dan meng aktif kan  Co-Authors Plus plugin.
  2. Kemudian  edit post atau halaman dimana kita ingin menambah banyak pengarang tulisan. Pada post edit screen, kita akan menyadari bahwa  ‘Authors’ box baru  ada di bawah post editor untuk kita dapat tambahkan pengarang tulisan lainnya.

3

3. Menampilkan Jumlah Pengguna Ter-Register di  WordPress

Jika kita memfasilitasi untuk register pada situs  WordPress kita  maka dengan menampilkan jumlah pengguna yang teregister dapat menarik pengguna lain untuk register.

 4

Langkah termudah adalah dengan meng install l the Simple Blog Stats plugin. Upon activation, you can add [sbs_users] shortcode to any post or page to display total number of registered users.

For more detailed instructions, see our tutorial on how to show total number of registered users in WordPress.

4. Create New Image Sizes in WordPress

Ketika kita meng upload  image ke  blog kita, WordPress secara otomatis membuat beberapa kopi dari image tersebut . tema WordPress &  plugin kita dapat juga menambah image dengan ukuran baru.

Untuk membuat ukuran  image baru di  WordPress, kita butuh untuk menambah kode berikut ke tema kita functions.php file atau sebuah  site-specific plugin.

1

2

3

add_image_size( ‘sidebar-thumb’, 120, 120, true ); // Hard Crop Mode

add_image_size( ‘homepage-thumb’, 220, 180 ); // Soft Crop Mode

add_image_size( ‘singlepost-thumb’, 590, 9999 ); // Unlimited Height Mode

Kode ini menambah 3 ukuran baru  image. Pastikan untuk mengganti ukuran  image size , nama dan  dimensinya  sesuai kebutuhan.

5. Menampilkan Tanggal Terupdated Dari Post Terakhir 

Secara default,kebanyakan tema WordPress akan menampilkan tanggal ketika artikel di published. Hal tersebut baik , dan akan bekerja untuk kebanyakan  websites dan blogs.

Jika kita secara rutin update konten lama, maka kita perlu memperlihatkan kepada pengguna kita kapan artikel tersebut terakhir  updated.

5

Hal tersbut dapat dilakukan dengan menambah kode:

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

functionwpb_last_updated_date( $content) {

$u_time= get_the_time(‘U’);

$u_modified_time= get_the_modified_time(‘U’);

if($u_modified_time>= $u_time+ 86400) {

$updated_date= get_the_modified_time(‘F jS, Y’);

$updated_time= get_the_modified_time(‘h:i a’);

$custom_content.= ‘<p class=”last-updated”>Last updated on ‘. $updated_date. ‘ at ‘. $updated_time.’</p>’;

}

 

$custom_content.= $content;

return$custom_content;

}

add_filter( ‘the_content’, ‘wpb_last_updated_date’);