[Tips] Meningkatkan Keamanan Website

Sudahkan data website anda aman dari pada cracker?

5 tips penting

Apakah website yang anda miliki sudah aman? Tentunya pertanyaan ini akan muncul di benak pada pemilik website. Faktanya menurut Whitehat Security setidaknya 86% website di dunia memiliki satu atau lebih celah keamanan yang tergolong serius. Jika anda tidak memperhatikan keamanan website anda dengan baik, bisa jadi anda sudah menjadi korban pencurian data oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Guna mengantisipasi hal tersebut alangkah baiknya anda mulai memperhatikan dengan baik kemanan website anda. Jangan sampai data penting yang anda atau perusahaan anda miliki disalah gunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mengeruk keuntungan pribadi.

Ga mau kan hal tersebut sampai terjadi pada anda? Berikut beberapa tips yang mungkin dapat anda pertimbangkan untuk memperkecil resiko tersebut;

  1. Ganti Password Secara Berkala dan Gunakan Karakter Khusus

Langkah pertama bisa dibilang cukup sepele, namun tidak sedikit yang menyepelekan yang berakibat kerugian yang berulang . Ada baiknya untuk keamanan, password yang anda miliki untuk mengakses website anda diganti secara berkala, misal sebulan sekali atau minimal 3 bulan sekali.

Gunakan juga berbagai jenis karakter khusus untuk mengurangi kemungkinan password terambil menggunakan metode brute force, yaitu aktifitas menebak Password secara berulang-ulang.

Contoh Password dengan karakter khusus:

        • 1nic0nT0h$
        • S1l4hkan&^
        • d1C0ba%

Dan jangan lupa untuk mencatat password anda ditempat yang aman, jangan sampai sudah ganti password berkala dan menggunakan karakter khusus tapi tidak bisa login karena lupa isi passwordnya.

  1. Lakukan Update Keamanan Website

Tak jarang pemilik website yang malas untuk melakukan update sistem, padahal bisa jadi update yang bergulir untuk menutup celah kemanan dari sistem yang anda gunakan. Usahakan untuk melakukan update setiap ada versi baru dari plugin, theme, dan CMS anda.

  1. Batasi Incorrect Login Maksimal dan Auto Logout

Guna memperkecil keberhasilan cracker untuk mencuri password anda menggunakan metode brute force, batasi incorrect login website anda. Sehingga apabila ada pihak yang mencoba login dan salah hingga batas yang ditentukan, IP pengguna akan di blokir. Disamping itu aktifkan juga fitur auto logout untuk periode waktu tertentu setelah tidak ada aktifitas, hal ini untuk mengantisipasi apabila anda mengakses sistem anda via computer publik. Dengan begitu dapat memperkecil kemungkinan data dapat diakses orang lain akibat kelalaian admin tidak melakukan logout.

  1. Jangan Gunakan Themes dan Plugin Bajakan

Masih banyak pemilik website yang mengunakan website dengan themes bajakan. Padahal jika kita jeli pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab sering kali menyusupkan script berbahaya di themes tersebut. Jika kebutuhannya untuk website perusahaan dan berisi data-data sensitive alangkah baiknya mulai sekarang anda mempersiapkan budget khusus untuk pembelian lisensi untuk themes dan plugin berbayar.

  1. Optimasi Web Appliction Firewall

Firewall berfungsi untuk melindungi data-data yang ada dalam sebuah komputer atau jaringan komputer, dari pengiriman ‘gelap’ ataupun pencurian data. Web Appliction Firewall menyediakan sebuah tameng yang akan memblokir upaya para hacker dan juga menyaring berbagai jenis lalu lintas yang tidak diiginkan, seperti spammer dan bot berbahaya.

  1. Gunakan Hosting yang Terpercaya dan Handal

Dengan menggunakan layanan hosting secara tidak langsung anda mempercayakan data website anda kepada penyedia hosting. Oleh karena itu pastikan penyedia hosting anda terpercaya dan handal.

Gunakan layanan ARDHOSTING sebagai penyedia hosting dan domain anda. Dengan tagline “Fast & Reliable Webhosting “ dan pengalaman lebih dari 17 tahun, kami dipercaya oleh klien kami sebagai penyedia hosting dan domainnya.

  1. Gunakan SSL pada Web Anda.

SSL berfungsi sebagai protokol keamanan dengan menciptakan sebuah link yang terenkripsi antara sesi browser user  dan web server. Selain digunakan pada halaman login webmail dan login Administrator, SSL juga digunakan untuk melindungi jutaan transaksi online dari pihak yang tidak bertanggung jawab setiap hari.

Tingkatkan perlindungan website anda melalui HTTPS untuk meningkatkan bisnis online anda, demi menunjang kepercayaan customer  website anda. Salah satu Produk SSL yang ARDHOSTING sediakan adalah COMODO SSL informasi paket SSL kami lebih detail dapat dilihat pada link berikut http://goo.gl/wRS5VE

Karena potensi bahaya di dunia internet selalu mengancam untuk mencari celah, alangkah baiknya kita tetap waspada dan terus mencari tau perkembangan berita terkait isu-isu keamanan di dunia internet. Sehingga dapat mengantisipasi kemungkinan terburuk yang terjadi. Semoga tips diatas dapat membantu mengoptimalkan website anda agar jauh lebih aman dari kebanyakan website yang ada di luar sana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.