Perbedaan Shared IP & Dedicated IP

Shared IP

IP Address adalah cara yang unik untuk menemukan situs anda di internet. Ada dua jenis alamat IP, yaitu statis, tetap atau berdedikasi dan berbagi. Untuk memudahkan Anda memahami keduanya, inilah pengertian Shared IP dan Dedicated IP yang perlu anda ketahui.

  1. Shared IP

Shared IP digunakan beberapa website dan domain. Sebagian besar situs kecil atau menengah seperti blog, forum biasanya menggunakan shared IP.

Kelebihan menggunakan ip shared yang ada pada hosting antara lain adalah Dari sisi harga jenis hosting ini lebih murah jika dibandingkan dengan jenis hosting lainnya, kembali kepada paket yang disediakan oleh hosting provider. shared IP cocok bagi Anda yang mempunyai blog, web presence, toko online dengan skala kecil atau menengah.

Kekurangan shared IP, pengguna tidak bisa leluasa dalam menggunakan sumber daya server, atau menggunakan software sesuai dengan kebutuhan karena hak penuh terhadap administrasi server dipegang sepenuhnya oleh admin.

  1. Dedicated IP

Dedicated IP adalah satu-satunya alamat yang hanya dimiliki oleh website Anda. Alamat IP jenis ini banyak digunakan oleh pengguna yang ingin memiliki SSL Sertifikat (Secure Sockets Layer). Apabila Anda menjalankan bisnis toko online yang mungkin terdapat nomor rekening pedagang, informasi kartu kredit dan pembayaran atau Anda perlu untuk mentransfer beberapa kutipan penting dan file, dedicated IP adalah pilihan yang tepat.

Kelebihan lain dari IP dedicated yang kita miliki adalah kita dapat menginstall SSL Sertifikat. atau secure ecommerce dll. mungkin untuk membuat situs seperti https kita harus membeli SSL lagi kepada penyedia layanan SSL.

Demikian sedikit informasi mengenai Shared IP dan Dedicated IP  yang bisa kami berikan. Semoga dapat menjadikan tambahan info bagi anda.Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami melalui website Ardhosting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.