Hosting – Cara Membuat Akun E-Mail Dari cPanel

Surat elektronik atau pos elektronik (bahasa Inggris: email) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer (misalnya Internet)Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan InternetPada paket Shared Hosting dan Reseller Hosting Linux, anda sebagai pelanggan kami akan diberikan kemudahan fasilitas untuk membuat akun e-mail melalui cPanel. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Login ke dalam cPanel anda, dapat diakses melalui namadomain.apa/cpanel atau cpanel.namadomain.apa (ubah namadomain.apa menjadi nama domain anda yang terdaftar untuk hosting).
  2. Masuk ke dalam menu “E-mail Accounts” dari cpanel.

  1. Isikan kolom-kolom sesuai pada gambar dibawah, mulai dari E-mail (nama akun mail) , Password, dan mailbox quota. Lalu klik “Create Account” untuk eksekusi pembuatan akun mail baru.
Cara Menggunakan Akun Mail
Akses Via Aplikasi Mail Klient (Outlook/Thunderbird dsb)
Untuk langkah-langkah akses mail via aplikasi pihak ketiga (mail klient), silahkan merujuk pada artikel berikut :
Akses Via Web Browser (Webmail)
Berikut adalah langkah-langkah untuk akses akun mail anda via web browser :
  1. Akses webmail via alamat namadomain.apa/webmail atau webmail.namadomain.apa (ubah namadomain.apa menjadi nama domain anda yang terdaftar untuk hosting).
  2. Masukkan Username dan Password berdasarkan detail saat pembuatan akun mail.
  3. Pilih salah satu dari tampilan muka yang anda inginkan (AtMail Open, Horde, Roundcube, dan SquirrelMail)

Demikianlah langkah-langkah untuk membuat akun mail pada cpanel, beserta langkah untuk mengaksesnya via aplikasi mail klient dan web browser. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.