MENINGKATKAN KINERJA SERVER DENGAN TEKNOLOGI CLOUD SERVER

Mungkin diantara anda ada yang pernah mendengar apa itu Cloud Server, bagaimana cara kerja dari Cloud Server itu sendiri?

Tapi banyak juga mungkin sampai saat ini yang salah mengira tentang apa itu Cloud Server, dan  kebanyakan beranggapan bahwa Cloud Server sama dengan Web Hosting. Pada kesempatan ini kita akan membahas sedikit tentang apa itu Cloud Server dan keuntungan menggunakan Cloud Server.

Cloud Server

Cloud Server adalah sebuah teknologi komputasi masa kini, dimana resources dibangun dari beberapa server menjadi satu sistem yang terintegrasi.  Pada dasarnya, Cloud Server menjadikan awan atau internet sebagai server yang merupakan pusat seluruh penyimpanan dan pengelolaan data yang dibutuhkan oleh penggunanya. Adapun beberapa keunggulan utama dari Cloud Server yang bisa anda dapatkan diantaranya:

  1. Fitur high availability dengan jaminan uptime  secara otimatis saat terjadi down hanya dalam hitungan menit.
  2. Penyimpanan data pada server secara terpusat, dan menggunakan penyimpanan data dengan SSD Disk.
  3. Performance menjadi lebih baik karena menggunakan Server Super Micro.
  4. Menggunakan  Teknologi Virtualisasi Terbaik OnApp.
  5. Kinerja Server sama seperti halnya anda memiliki Dedicated Server, seperti memiliki full root access pada server.

Masih banyak lagi keuntungan lain yang akan anda dapatkan dari Cloud Server dan tidak anda dapatkan pada server biasa seperti pada fitur auto failover, dimana provider akan secara otomatis memindahkan sistem Anda ke hypervisor lain jika yang saat ini digunakan sedang mengalami kendala atau gangguan. Pemindahan sepenuhnya berjalan secara otomatis dan tanpa downtime yang berarti.

 

Analogi Cloud Server, Web Hosting dan Dedicated Server

Web Hosting

Web Hosting bisa kita ibaratkan saat kita membutuhkan kendaraan, dan kita memilih kendaraan umum seperti angkutan umum, bus dan kererta. Dan disaat kita di dalam kendaraan umum kita tidak bisa memilih tempat duduk sendiri, tidak bisa leluasa dengan pergerakan kita disaat kendaraan umum penuh, disana apa yang ingin kita lakukan akan terbatasi karena saat didalam kendaraan umum kita menggunakan tempat bersama-sama, namun kita hanya perlu membayar murah sesuai dengan tujuan kita dan dengan banyak kekurangan yang terbagi dengan orang lain.

Dedicated Server

Dedicated Server bisa kita ibaratkan kita memiliki kendaraan pribadi atau mobil pribadi. Pada saat kita berada didalam mobil pribadi kita bebas untuk bisa duduk dimanapun semau kita, kita bisa bergerak dan merubah posisi duduk juga semau kita tanpa ada batasan didalamnya, karena mobil itu milik kita pribadi, namun untuk harga akan tergolong cukup mahal untuk bisa memiliki mobil pribadi.

Cloud Server

Cloud Server Bisa kita ibaratkan dengan kita menyewa mobil. Kita bisa memiliki seperti halnya mobil pribadi pada saat menyewanya, terserah kita yang naik beberapa orang atau bagaimana posisi duduk pun lebih leluasa karena terserah kita. Secara keseluruhan kita merasa lebih bebas, nyaman dan seolah kita memiliki mobil pribadi namun kita tidak membeli, hanya menyewa tapi bisa layaknya seperti kita memilikinya.

Dari analogi tersebut kita bisa menyimpulkan bagaimana Cloud Server itu dimana kita seperti halnya memiliki dedicated server sendiri. Dan yang membedakan dengan web hosting, bila kita menggunakan layanan webhosting biasa kita tinggal menyimpan file database yang kita punya dan kita langsung bisa buka alamat websitenya, tapi bila Cloud server, kita harus menginstall sendiri untuk aplikasi yang akan kita gunakan, untuk manage dan konfigurasinya memang sedikit agak ribet, tapi disisi lain akan terlihat lebih fleksibel, karena kira akses penuh terhadap server yang kita miliki (seperti halnya Dedicated Server) dan kita bebas menginstall software semau kita dan itu tidak bisa kita miliki ketika kita hanya memiliki webhosting saja.

Demikian Pengertian dan keunggulan dari layanan Cloud Server. Tentunya berbagai kemudahan dan manfaat lebih dari Cloud Server akan mampu untuk meningkatkan kinerja server. Berminat beralih ke Cloud Server? Anda bisa mendapatkan layanan terbaik Cloud Server Indonesia tentunya dengan Jasa Cloud Server yang sudah berpengalaman dan handal. Dan silahkan anda coba untuk mengunjungi website ArdhCloud  sebagai salah satu jasa layanan Cloud Server handal dan banyak sekali fitur menarik yang akan anda dapatkan pada link berikut Elastic Cloud Server dan Flexible Cloud Server .

Baca juga: PENGERTIAN DAN FUNGSI NAMA DOMAIN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.