[TIPS] Menentukan Hosting yang Cocok Untuk Blog WordPress

WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog. WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka. WordPress masih menjadi salah satu platform blogging terpopuler saat ini. Kemudahan dalam  penggunaan serta deretan fitur yang beragam menjadi daya tarik utamanya. Disini juga terdapat berbagai fitur kustomisasi, baik untuk template, plugin, dll. Sangat cocok untuk pemula yang baru belajar cara membuat website.

wordpress hosting

Membuat website WordPress bisa dilakukan dalam beberapa menit saja. Yang perlu dilakukan hanya membeli hosting untuk menyimpan file dan database. Pada akun hosting biasanya sudah disediakan website builder untuk memudahkan proses instalasi CMS WordPress. Cukup masukkan data yang dibutuhkan, dalam beberapa menit website akan langsung online dan siap dipergunakan.  Berikut beberapa tips menentukan hosting untuk blog WordPress:

  • Domain

Pemilihan domain juga menjadi hal penting dalam pembuatan blog WordPress. Bersamaan dengan pemilihan hosting, anda juga perlu membeli domain. Satu akun hosting bisa menampung banyak domain. Ada beragam pilihan ekstensi domain yang tersedia, seperti .com, .net, .co.id, .biz, .xyz, dll. Masing-masing punya keunikan tersendiri.

Sebaiknya sesuaikan pemilihan ekstensi dengan jenis website yang ingin dibuat. Misalnya untuk blog pribadi akan lebih baik jika domain memakai ekstensi .com . Domain bisa dibeli secara langsung dari provider hosting atau dari domain registrar. Tidak masalah mendaftar hosting dan domain pada perusahaan berbeda sebab keduanya tetap bisa diintegrasikan.

  • Storage space

Storage space merupakan kapasitas penyimpanan sebuah hosting. Fitur ini juga terkadang diberikan secara unlimited, tapi anda perlu mencari tahu lebih jauh seberapa ‘unlimited’ kuota yang diberikan. Fungsi storage space adalah untuk menyimpan file teks, gambar, audio, database, dan yang lainnya. Beberapa plan hosting menawarkan space yang bervariasi.

Untuk blog yang belum berkembang, anda bisa memilih plan yang lebih kecil. Nanti jika blog sudah mulai kebanjiran traffic, silakan tambah kuota atau upgrade agar anda bisa mengupload lebih banyak data. File multimedia seperti gambar dan video umumnya memakan space paling banyak. Jadi jika website anda berorientasi pada gambar atau video, kapasitas storage yang dibeli harus lebih besar lagi.

  • Bandwidth

Bandwidth merupakan jumlah traffic yang sebuah website bisa akomodasi. Jika sebuah plan hosting memiliki bandwidth terbatas, maka blog akan down jika kuotanya habis. Anda harus mengisi ulang bandwith agar blog bisa diakses kembali. Ada pula plan hosting yang menawarkan bandwidth unlimited, tapi biasanya tetap disertai dengan batasan-batas. Misalnya jika terjadi lonjakan traffic, website akan mengalami penurunan kecepatan atau bahkan down.

Jadi jangan mudah tergiur dengan hosting yang menawarkan bandwidth unlimited sebab faktanya mungkin bertolak belakang. Sebaiknya baca dulu review hosting bersangkutan sebelum anda memutuskan untuk berlangganan. Jika tidak benar-benar unlimited, kami sarankan beralih ke bandwidth yang berdasarkan kuota. Semakin banyak jumlah gambar dan traffic, semakin cepat pula bandwidth habis, jadi lakukanlah optimasi pada blog agar pemakaian bandwidth lebih hemat.

  • Email address

Email juga merupakan kebutuhan mendasar untuk blog berbasis WordPress. Jika anda ingin serius mengelola website, sebaiknya buat akun email khusus memakai domain website. Ini akan membuat email terlihat lebih profesional dibandingkan dengan memakai layanan email gratis. Beberapa plan hosting memasukkan email sebagai bagian dari penawaran.

Untuk bisnis yang memiliki kebutuhan email tinggi, plan seperti ini sangat cocok untuk dipilih. Cari tahu berapa kuota yang diberikan untuk setiap alamat email. Anda bisa membuat email lebih dari satu. Metode seperti ini biasanya diterapkan oleh perusahaan yang punya banyak divisi. Pengelompokan email juga lebih mudah jika anda memakai beberapa alamat yang berbeda.

Demikian beberapa tips yang bisa kami bagikan untuk bisa membantu anda dalam memilih hosting untuk keperluan WordPress yang anda miliki. ArdHosting juga menyediakan paket hosting yang didesain khusus untuk keperluan WordPress dengan spesifikasi yang pas dan infrastruktur terbaik untuk mengoptimalkan website WordPress anda, bisa langsung cek di Paket WordPress Hosting.  Semoga sedikit tips dari ArdHosting dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.