Tutorial Membuat Database di MySQL dengan cPanel

mysql

Pengertian MySQL

MySQL adalah perangkat lunak sistem manajemen basis data atau DBMS (Database Management System) yang terbilang multithread & multi-user. MySQL juga inmplementasi dari sistem manajemen basis data relasional atau disebut dengan RDBMS. MySQL sebenarnya merupakan turunan salah satu konsep utama dalam basisdata yang telah ada sebelumnya yang disebut SQL (Structured Query Language). SQL adalah sebuah konsep pengoperasian basisdata, terutama untuk pemilihan atau seleksi dan pemasukan data, yang memungkinkan pengoperasian data dikerjakan dengan mudah secara otomatis.

Sebagai peladen basis data, MySQL mendukung operasi basisdata transaksional maupun operasi basisdata non-transaksional. Pada modus operasi non-transaksional, MySQL dapat dikatakan unggul dalam hal unjuk kerja dibandingkan perangkat lunak peladen basisdata kompetitor lainnya. Namun demikian pada modus non-transaksional tidak ada jaminan atas reliabilitas terhadap data yang tersimpan, karenanya modus non-transaksional hanya cocok untuk jenis aplikasi yang tidak membutuhkan reliabilitas data seperti aplikasi blogging berbasis web (WordPress), CMS, dan sejenisnya. Untuk kebutuhan sistem yang ditujukan untuk bisnis sangat disarankan untuk menggunakan modus basisdata transaksional, hanya saja sebagai konsekuensinya unjuk kerja MySQL pada modus transaksional tidak secepat unjuk kerja pada modus non-transaksional.

Tutorial membuat Database MySQL

cPanel adalah sebuah kontrol panel web hosting yang disediakan oleh layanan hosting untuk memudahkan pemilik website melakukan pengaturan melalui tampilan web. Tersedia berbagai macam tool untuk mengontrol dan menjalankan website, salah satunya adalah tool untuk membuat database. Dan berikut adalah langkah yang bperlu anda lakukan untuk memulai membuat databasenya:

1. Login ke akun cPanel yang telah anda miliki.

1

2. Pilih MySQL Databases yang ada pada menu Databases.

2

3. Isikan nama database baru pada kolom New Database sesuai dengan keingininan anda (contoh: databasebaru) dan setelah itu klik atau tekan tombol Create Database untuk membuat database baru. (Note: Pastikan database baru yang anda buat tidak sama dengan database yang sudah ada sebelumnya).

3

4. Setelah itu silahkan klik atau tekan tombol Go Back untuk kembali ke menu sebelumnya.

4

5. Tambahkan user baru yang ada pada bagian Add New User, dan isi nama user pada bagian kolom Username, beserta password pada bagian kolom Password, dan kemudia klik atau tekan tombol Create User untuk membuat user baru.

5

6. Setelah itu silahkan klik atau tekan tombol Go Back untuk kembali ke menu sebelumnya.

6

7. Setelah database dan user telah anda buat, untuk selanjutnya pada bagian Add User To Database silahkan pilih User dan Database di menu drop down yang telah kita buat tadi, dan kemudian klik atau tekan tombol Add.

7

8. Dan pada tahap akhir setelah anda klik atau tekan tombol add anda akan masuk ke menu Manage User Privileges. Disini silahkan anda centang All Privileges pada bagian check button yang ada, dan kemudian silahkan untuk klik atau tekan tombol Make Chages untuk menyimpan perubahan.

8

9. Database telah selesai anda buat dan anda bisa menggunakannya.

Demikian adalah tutorial yang bisa anda lakukan untuk membuat database dengan menggunakan cPanel, semoga bisa membantu untuk memudahkan anda membuat database MySQL dan selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.