[TIPS] MEMILIH LOKASI SERVER UNTUK HOSTING

Memilih lokasi server hosting dengan tepat adalah hal yang harus Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa sebuah perusahaan penyedia layanan web hosting. Pasalnya Anda dapat memilih lokasi server hosting sesuai dengan kebutuhan website Anda, sayangnya beberapa orang justru kebingungan tentang bagaimana cara tepat memilih lokasi server hosting. Oleh sebab itu, pada artikel berikut ini kami akan memberikan informasi tentang tips pemilihan lokasi server hosting yang tepat untuk website Anda.

lokasi server

Kenali Audiens

Sebagai pemilik website, Anda harus mengenal audiens yang mengunjungi situs Anda dengan baik dan benar. Pastikan Anda mengetahui darimana saja pengunjung website Anda datang dengan melakukan riset secara kontinu. Apabila yang mengunjungi website Anda banyak berasal dari Indonesia, sebaiknya pilih lokasi server hosting yang berada di Indonesia, opsi lain bisa juga memilih lokasi server yang berada di Singapura. Jika memang ingin mendapatkan akses tercepat dari target negara Anda, lebih baik tempatkan lokasi server hosting di negara tersebut atau bisa juga di lokasi server yang cukup dekat untuk dijangkau. Berikut perbandingan dari masing-masing lokasi server tersebut :

  • Server Indonesia

Situs/ website yang menggunakan server Indonesia akan lebih cepat diakses dari IP (pengunjung) Indonesia dikarenakan lokasi server berada di Jakarta.

  • Server Singapore

Server SG (Singapore) tepat untuk pengunjung dari Indonesia maupun regional Asia Tenggara, juga memiliki koneksi ke benua lain yang jauh lebih baik dibandingkan server Indonesia.

  • Server US

Situs yang menggunakan server US akan lebih cepat diakses dari mana saja dan lebih stabil dibanding dengan server Indonesia maupun server Singapore. Kami sarankan apabila anda akan menggunakan server US apabila pengunjung situs anda kebanyakan dari pengunjung lingkup global.

Sesuaikan Budget

Sebaiknya Anda menyesuaikan lokasi server hosting website sesuai dengan budget atau anggaran dana perusahaan Anda. Sebagai informasi tambahan, untuk saat ini harga hosting di lokasi server Indonesia dan Singapura cukup tinggi jika dibandingkan dengan harga hosting yang berlokasi di server Amerika. Pilih lokasi server yang memang sesuai dengan budget dan tentunya dengan fasilitas dan kualitas yang terbaik.

Perhatikan Keperluan Bisnis

Hal yang harus diperhatikan adalah keperluan bisnis lainnya, seperti Email. Apabila hosting yang Anda gunakan bukan hanya untuk penempatan website saja lebih baik gunakan server yang berada di USA karena umumnya layanan email publik diletakan di negara tersebut. Namun, jika secara umum juga website Anda tidak menargetkan dari mana negara pengunjung berasal, lokasi server Hosting di USA bisa jadi pilihan terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.