Cara mengintegrasikan akun webmail cPanel ke Gmail

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan sebuah tutorial atau cara mengintegrasikan webmail cPanel ke Gmail. Hal ini digunakan untuk Anda yang ingin webmailnya dapat diakses melalui gmail.

Untuk langkah-langkahnya silakan ikuti petunjuk di bawah ini:

1. Langkah pertama pastinya Anda sudah memiliki akun gmail terlebih dahulu, jika belum silakan anda buat terlebih dahulu akun gmail pada link berikut http://gmail.com/

2. Setelah anda memiliki akun gmail silakan login ke dalam gmail anda, lalu cari menu setting yang ada pada pojok kanan atas.

3. Setelah itu pilih menu “Accounts and import”, dan setelah itu klik “Add another email address” untuk menambahkan email lain.

 

4. Setelah itu akan mucul jendela baru seperti tampilan di bawah ini, silakan anda masukkan nama anda lalu alamat email anda lalu klik Next Step

5. Silakan setting SMTP dan portnya  sebagai contoh lihat gambar di bawah ini dan silakan anda sesuaikan dengan username dan password email anda lalu klik Add Account.

 

6. Lalu anda akan dikirimkan code verifikasi, silakan anda buka email webmail anda untuk mendapatkan kiriman kode verifikasi dari gmail.

Setelah kode verifikasi anda dapatkan lalu copy paste dan klik Verify. Sampai tahap ini anda sudah dapat megirim email dari gmail.

7. Dan selanjutnya kita akan menambahkan email supaya email kita dapat diterima oleh gmail. Kita kembali lagi ke menu Setting >> Accounts and import >> add a mail account

Silakan lanjut ikuti langkah berikut ini.

 

8. Selanjutnya akan muncul jendela baru dan masukkan email anda, lalu klik Next.

9. Selanjutnya pilih Import emails from my other account (POP3) lalu Klik Next

10. Dan masukkan username dan password email anda silakan lihat contoh gambar berikut ini.

POP Server: mail.namadomain.com

Port incoming 110

Klik Add Account

Jika sampai tahap ini tidak ada kendala silakan lakukan send/receive email anda dari gmail.

Terimakasih

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.