Cara membuat Mailing List di cpanel

Milis (bahasa Inggrismailing list) adalah grup diskusi di Internet di mana setiap orang bisa berlangganan dan berikutserta didalamnya. Anggota milis dapat membaca surat dari orang lain dan kemudian mengirimkan balasannya. Secara sederhana, milis adalah sebuah daftar alamat surat elektronik yang mempunyai kesukaan/kepentingan yang sama.

Saat seseorang mengirimkan surat yang kemudian dikirimkan ke semua orang yang terdapat di dalam daftar, penerima pesan memiliki kebebasan untuk membalas topik diskusi tersebut atau tidak.

Setiap kali ada orang membalas sebuah surat, surat tersebut disalurkan ke setiap kotak surat masing masing orang yang terdapat di dalam daftar. Semua proses ini diatur oleh sebuah program yang dinamakanMailing List Manager (MLM’s) atau Mail Servers.

Berdasarkan topik diskusimilis ada bermacam-macam. Ada milis umum, ada milis yang membahas bidang ilmu tertentu (misalnya Teknologi Informasi), ada senarai yang membahas masalah agama, dan sebagainya.

Berikut adalah langkah awal untuk membuat mailing list pada akun anda :

1. Masuk CPanel anda lalu pilih Mailing List
1

2. Isikan value untuk Mailing List anda lalu klik Add Mailing List

2

3. Setelah di Klik Add Mailing List maka akan tampil seperti tampilan di bawah

3

4. Klik Manage maka anda akan masuk ke mailing List , setelah itu pilih Membership Management .. Pilih [ Mass Subscription ] untuk menambah email pada mailing list anda

4

5. isikan email yang anda inginkan

5

6. Sedangkan untuk menghapus email dari list, klik Mass Removal dan isi email yang dihapus pada kotak tersedia

6

 

Demikian Informasi mengenai cara membuat Mailing List pada akun hosting anda , anda dapat menggunakan fitur mailing list tergantung paket yang anda pilih dan pastikan anda tidak diperkenankan mengirim dalam jumlah banyak dalam satu waktu yaitu 100 mail / jam. pastikan juga anda tidak mengirim email spam / virus / malware.