cPanel – Set Default Address di cPanel

Seperti yang di ketahui jika mengirimkan email dengan alamat yang salah akan ada bounching akan hal itu, namun jika menginginkan bounching tersebut dikirimkan dengan alamat email tertentu bisa di terapkan melalui cPanel dengan menggunakan fitur Default address. Alamat email ini akan menerima setiap invalid email yang ditujukan ke domain. Default address dikenal juga dengan istilah “catch-all address”.  Adapun langkah-langkah nya sebagai berikut :

1.  Silahkan akses link ke control panel Domain yang di miliki dengan ketikkan ke browser yaitu http://namadomain.apa/cpanel sampai muncul autentikasi pada gambar di bawah ini.

2. Jika telah sukses login ke cPanel cari lah kategori Default address pada menu “Mail” lalu klik.

3. Pada sesi halaman ini silahkan pilih default address maintenance dengan pilihan :

  • Discard with error to sender — Isi dengan pesan kesalahan yang akan dikirim ke pengirim email.
  • Forward to email address — Isi dengan alamat email yang akan di gunakan untuk menampung email.

Dan bisa juga meng-klik Advanced Options untuk :

  • Meneruskan email ke system account.
  • Menolak email tanpa automatic response. ( Cara ini tidak disarankan, karena pengirim tidak tahu kalau alamat email yang dituju salah.)
  • Secara otomatis meneruskan email ke sebuah program, misalnya /home/$utility, pada isian Pipe to a Program. Jangan lupa jika telah selesai klik change.

4. Setelah klik change  akan muncul halaman baru seperti gambar dibawah yang menunjukkan sebagai sukses melakukan konfigurasi pada langkah sebelumnya, lalu klik Go Back.

Proses konfigurasi untuk default address di cPanel telah selesai, selamat mencoba.