cPanel – Default Address Akun Email

Menentukan default address pada akun email berfungsi untuk menyimpan email yang diarahkan ke akun email yang tidak ada pada sebuah akun hosting. Misalnya pada domain:  contoh-domain.com terdapat 3 akun email yaitu : satu@contoh-domain.com, dua@contoh-domain.com dan tiga@contoh-domain.com. Kemudian, bagaimana jika ada seseorang yang mengirim email ke akun empat@contoh-domain.com ? apakah email akan tetap terkirim? Jawabannya adalah : ya, email akan tetap terkirim dan disimpan pada default address yang telah ditentukan.

Pada beberapa kasus aksi spamming, penyebar email spam mengirim email ke alamat-alamat domain secara random, akibatnya jika alamat yang dituju tidak ada pada mail server tujuan, maka email akan diterima oleh default address yang telah didefiniskan sebelumnya dan otomatis diskspace hosting akan terisi.

Untuk merubah default address email cPanel dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut :

1. Login cPanel dan klik icon ‘default address

2. Pada simple setting anda dapat memilih :
  • Discard with error to sender (at SMTP time)
Anda menerapkan rule yang menyatakan bahwa anda akan membuang semua email masuk yang diarahkan ke akun email yang tidak eksis pada domain anda, dan menyampaikan pesan errornya kepada sender email
  • Forward to email address

Email yang diarahkan ke akun email yang non-eksist akan di forwad ke alamat email yang ditentukan.

3. Klik ‘change’ untuk menyimpan setting.
Selamat mencoba.