Definisi SEO dan Jenis SEO yang Sering Dipakai untuk Optimasi Website

Teknologi43 Views

Tak sedikit orang yang menganggap Search Engine Optimization (SEO) sebagai jalan mudah membawa website ke peringkat tertatas Google. Namun, cara kerjanya tak segampang itu. Apalagi kalau Anda sudah mengetahui definisi SEO yang sebenarnya.

Memahami SEO

Search Engine Optimization secara garis besar merupakan teknik optimasi website atau blog yang bertujuan memperoleh ranking teratas di laman hasil pencarian Google. Ketika website muncul pada laman tersebut, Anda berkesempatan mendapatkan trafik tinggi dan organik. Belakamgan, tools optimasi ini juga digunakan di platform digital lain seperti Instagram, Youtube, dan TikTok.

Lalu, dari sekian banyak mesin pencari yang tersedia, mengapa SEO Google yang diprioritaskan? Jawabannya sederhana: Google merupakan mesin pencari atau search engine yang difavoritkan para pengguna internet. Hal ini terbukti dari jumlah pencarian di Google yang mencapai 3,5 miliar.

Maka wajar saja kalau SEO Google sangat menentukan keberhasilan website. Apalagi sampai sekarang sekitar 53% trafik website datang dari pencarian organik. Salah satunya dengan mencari melalui keyword tertentu yang dimasukkan ke mesin pencari Google.

Trafik organik bukan satu-satunya yang akan Anda peroleh dari SEO Google. Jangkauan audiensi juga lebih akurat setelah melakukan optimasi. Dengan begitu, konten atau produk yang diperkenalkan akan sampai ke sasaran yang membutuhkan.

Jenis-jenis SEO

Setelah memahami definisi SEO, sekarang mari kita berkenalan dengan jenis-jenisnya yang dibagi menjadi tiga, antara lain:

SEO on page

SEO on page ditujukan untuk mengoptimasi bagian depan website. Aspek-aspek yang terlibat mencakup judul konten, struktur konten, gambar, sebaran keyword, permalink, internal link, serta elemen SEO. Dengan SEO in page, konten akan mudah tampil di Google. Terutama kalau Anda menggunakan keyword yang relevan dengan konten.

SEO off page

Berikutnya ada SEO off page yang dapat Anda gunakan untuk mengoptimasi bagian luar website. Adapun aspek-aspek yang mencakup jenis SEO ini adalah link building, guest blog, peningkatan DA dan PA, serta promosi konten di media sosial. SEO off page yang kuat menguatkan imej website Anda sebagai situs tepercaya.

Technical SEO

Terakhir ada technical SEO, jenis SEO yang diaplikasikan untuk mengoptimasi bagian dalam SEO. Aspek-aspek yang berada di wilayah SEO ini adalah kecepatan website, keamanan dan kecepatan website, XML sitemap, tema SEO, layout, hingga navigasi. Memaksimalkan techinal SEO pun akan membuat website memiliki struktur yang mudah dibaca mesin pencari.

Itulah definisi SEO dan jenis-jenisnya yang dapat dioptimasikan pada website Anda. Semoga informasi ini memudahkan Anda mengenal SEO sebelum mempelajarinya lebih dalam. Sehingga optimasi yang diaplikasikan membuahkan hasil yang memuaskan, termasuk membawa trafik tinggi dan audiensi yang memerlukan produk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.