Domain – Siklus Hidup Domain (Domain Lifecycle)

Bagi anda pelanggan kami yang telah melakukan registrasi dan pembayaran domain, sangat penting untuk diketahui bahwa selain anda membayar untuk pembeliannya, secara tidak langsung anda juga membayar untuk hak milik penggunaan domain untuk jangka waktu tertentu. Untuk masa penggunaannya pun ber-variasi, mulai dari 1 tahun sampai dengan 10 tahun. Setalah masa penggunaan habis, domain akan masuk ke dalam masa expired dan akan kembali status nya menjadi tersedia bagi publik (available) jika anda tidak melakukan pembayaran. Berikut adalah diagram siklus hidup domain beserta dengan tabel penjelasannya.

 

 

Untuk setiap webmaster yang memiliki domain, penting untuk memahami siklus hidup dari sebuah domain. Tabel ini akan membantu Anda dalam memahami lebih jauh terkait siklus hidup domain.

 

Registered (1-10 Tahun) Sebuah domain bisa di registrasi untuk jangka waktu 1-10 tahun. Di mana untuk domain tld Indonesia (.co.id;.go.id;.sch.id;.web.id;.or.id) maximal hanya 1 tahun registrasi. Ketika domain mendekati masa kadaluarsa (expired), pemberitahuan untuk segera melakukan pembaruan (renew) biasanya akan sering dikirimkan ke alamat e-mail yang terdaftar saat registrasi domain. Anda dapat melakukan pembaruan secara manual (biasanya menghubungi pihak billing tempat pendaftaran domain) atau mengatur opsi auto renew yang akan mengambil deposit anda secara otomatis.
Grace Period (1-45 Hari) Ini adalah masa jika masa registrasi berakhir. Banyak yang salah persepsi jika domain bisa dibeli lagi oleh pihak lain ketika memasuki masa ini, padahal yang terjadi tidaklah seperti itu. Setelah domain mencapai tahap kadaluarsa (expired), masih ada beberapa tahap lagi sampai status domain tersebut bisa dibeli oleh pihak lain (AVAILABLE).Pada tahap ini, situs berjalan yang menggunakan nama domain tersebut akan dinon-aktifkan. Anda dapat melakukan pembaruan (renew) tanpa perlu membayar biaya tambahan. Domain pun masih tercantum dalam panel domain anda. Untuk masa ini kira-kira berlangsung selama 1-45 hari (bervariasi tiap registrar), dimana kami Ardhosting memasang waktu 45 hari untuk Grace Period.
Redemption Period (30 Hari) Tahap berikutnya dinamakan Redemption Period, jika selama masa Grace, anda tidak melakukan pembaruan (renew) domain. Di masa ini pemilik domain tetap bisa melakukan pembaruan walaupun akan dikenakan charge.Sebuah domain akan berada di masa ini selama 30 hari sebelum ke tahap berikutnya. Selama masa ini, pihak registrar (tempat pendaftar domain) berhak untuk melelang domain tersebut dan menyerahkannya kepada pihak lain jika tidak ada klaim dari pemilik sebelumnya. Beberapa orang biasanya akan tertarik untuk membelinya karena berbagai macam faktor, salah satunya karena nama domain yang SEO friendly. Besarnya biaya charge yang diperlukan untuk menebus domain berbeda-beda tergantung pihak registrar.
Pending Delete (5 Hari) Pada tahap ini, tidak ada kemungkinan bagi anda untuk melakukan pembaruan (renew). Pihak registrar akan mengirimkan perintah kepada pihak registry untuk melakukan penghapusan domain. Tapi jika anda ingin memilikinya kembali, anda masih bisa untuk mencoba dan melakukan rikues order, di mana pihak registrar nantinya akan mencoba untuk mendaftarkannya kembali atas nama anda ketika sudah masuk masa available, namun tidak ada jaminan bahwa anda benar-benar bisa memilikinya kembali.
Available (tersedia) Pada masa ini, domain sudah tersedia untuk publik dan bisa dibeli oleh siapapun. Jika anda menginginkannya kembali, anda harus aktif mengawasi dan registrasikan kembali secepatnya saat statusnya sudah available.

Kami, ARDHosting merupakan Registrar yang terakreditasi oleh ICANN, artinya bahwa kami adalah partner resmi ICANN, sehingga menjamin anda untuk memperoleh domain yang aman dan terpercaya. Selain aman, kami juga senantiasa mengadakan HARGA PROMO untuk pendaftaran domain. Untuk melakukan registrasi domain, silahkan mengunjungi halaman pendaftaran di sini http://ardhosting.com/daftar_harga_domain.php