Email Hosting – Konfigurasi SpamAssassin di cPanel

E-mail spam adalah e-mail masuk yang berupa iklan, penawaran ataupun penipuan yang seringkali kita terima tanpa keinginan kita sendiri. Kami ARDHosting sebagai penyedia web hosting yang handal, telah menyediakan fasilitas untuk menanggulangi masuknya e-mail spam ke akun anda, yaitu dengan fitur spamassassin pada cPanel. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan konfigurasi spamassassin pada cPanel.

 

 

Mengaktifkan fitur SpamAssassin

  • Login ke dalam cpanel anda, biasanya diakses dengan menggunakan namadomain.apa/cpanel (ubah namadomain.apa menjadi nama domain anda, dalam contoh kali ini dimisalkan kamar-it.com/cpanel).
  • Masuk ke menu SpamAssassin.
  • Lihat pada bagian “Spam Assassin is currently….. “ Jika statusnya Enabled, maka spamassassin telah aktif, jika Disabled, maka cukup dengan meng-klik Enable SpamAssassin, fitur tersebut akan aktif.

 

Mengubah Level Pendeteksian SpamAssassin dan Mengaktifkan Auto Delete Spam

  • Pada menu SpamAssassin pada cpanel, lihat pada bagian Filters, terdapat box pilihan “score” dari rentang angka 1-10. Semakin kecil score (1), maka akan semakin “Aggressive” dalam melacak e-mail spam, sehingga kemungkinan e-mail yang bukan spam akan ikut terbaca sebagai spam. Dan semakin besar skor (max 10), maka akan semakin lemah dan mendeteksi e-mail spam.
  • Masih pada bagian Filters, terdapat tombol Auto-Delete Spam, klik tombol tersebut jika anda menginginkan SpamAssassin untuk segera menghapus e-mail yang terindikasi spam tanpa perlu masuk terlebih dahulu pada folder spam/inbox.

Blacklist / Whitelist alamat e-mail tertentu

  • Pada menu SpamAssassin di cpanel, klik tombol “Configure SpamAssassin” untuk masuk ke menu blacklist/whitelist e-mail.
  • Masukkan email yang ingin anda blok/blacklist manual pada blacklist_from , dan masukkan email yang ingin anda allow/whitelist manual pada whitelist_from .
  • Untuk cara mengisinya bisa dengan per akun email (misal abc@namadomain.apa) , atau bisa juga per domain (misal *@namadomain.apa).