Hosting – Cara Merubah Versi PHP di cPanel

PHP (Hypertext Preprocessing) adalah salah satu bahasa pemrograman yang berjalan pada website. Saat ini sudah banyak script siap pakai semacam CMS (Content Management System) , Framework yang memanfaatkan PHP sebagai basis bahasa pemrogramannya. Versi terakhir PHP saat tulisan ini dibuat adalah versi 5.4, namun tidak sedikit para web developer yang masih menggunakan PHP versi 4.x dalam aplikasinya. Di dalam cPanel, untuk merubah versi PHP dapat dilakukan dengan mudah, baik dari versi 5.x ke versi 4.x , maupun sebaliknya. Berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Akses ke cpanel anda via web browser dengan mengetikkan http://namadomain.apa/cpanel (ubah namadomain.apa dengan domain anda, misalnya dalam contoh kali ini http://kamar-it.com/cpanel . Jika anda mengalami kendala mengakses cpanel, silahkan hubungi bagian support kami baik via telp/e-mail/ticket/chat.

2. Klik menu “PHP Configuration” pada bagian Software/Services.

blank

3. Klik pada list di samping tulisan “The .php file extension will be processed by”, anda akan melihat 3 pilihan, yaitu PHP4, PHP5, dan System Default . Pilih versi PHP sesuai kriteria yang anda butuhkan. Khusus untuk System Default akan merubah ke versi terakhir pada server, yaitu PHP5. Klik Update untuk menjalankan perubahan.

blank

Demikianlah langkah-langkah untuk merubah versi PHP pada cPanel. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.