Hosting – Pengelolaan Kontak pada Roundcube

Roundcube adalah salah satu aplikasi webmail pada cpanel yang berfungsi melakukan aktifitas kirim dan terima e-mail menggunakan web browser. Dengan tampilan antar muka yang menarik, menjadikan roundcube salah satu aplikasi webmail yang banyak digunakan. Berikut adalah penjelasan dari salah satu fitur pada roundcube, yaitu Management Kontak .

 

Untuk mengakses webmail bisa dilakukan melalui http://namadomain.apa/webmail (misal dalam contoh kali ini http://kamar-it.com/webmail) , dan pilih roundcube, maka akan dihadapkan dengan tampilan utama roundcube seperti gambar di bawah ini.

 blank

Untuk memulai management kontak, klik icon berupa buku bertuliskan Address Book, sehingga akan tampil seperti gambar di bawah ini.

blank

1. Menambah Kontak Baru

  • Klik icon bertuliskan create new contact card.

 

  • Sehingga akan muncul form add new contact seperti gambar berikut.

blank

  • Isikan form tersebut dengan data kontak yang ingin anda tambahkan, jika ingin menambahkan field baru seperti nama perusahaan, jabatan dan sebagainya, bisa dilakukan dengan meng-klik box Add field… dan pilih field yang ingin ditambahkan. Klik save untuk menyimpan kontak.

2. Mengedit Kontak

  • Klik pada nama kontak yang ingin diedit, lalu klik Edit Contact, klik Save untuk menyimpan perubahan.

3. Menghapus Kontak

  • Klik pada nama kontak yang ingin dihapus, lalu klik icon yang bertuliskan Delete selected contacts , klik OK sebagai konfirmasi penghapusan.

4. Mengekspor Kontak

  • Klik pada icon yang bertuliskan Export contacts in vCard format, browser otomatis akan mengunduh sebuah file berakhiran (dot)vcf. File tersebut bisa diterapkan pada aplikasi mail klient/gadget yang mendukung format tersebut sebagai Address Book.

5. Mengimpor Kontak

  • Klik pada icon yang bertuliskan Import contacts. File kontak yang di dukung adalah vCard dengan file berakhiran (dot)vcf. Klik Choose File lalu pilih kontak yang ingin di impor, ceklis Replace the entire address book untuk menghapus data kontak yang ada dengan data kontak yang baru di impor, jika tidak maka lakukan sebaliknya, lalu klik Import.

6. Membuat Group Kontak

  • Pada sisi kiri, terdapat tab Groups, klik pada tanda plus di sisi kiri bawah tab tersebut seperti gambar berikut.

 blank

  • Lalu tulis nama grup yang diinginkan (misalnya Kantor) dan klik enter.

 

Demikianlah langkah-langkah untuk management kontak pada roundcube.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.