Hosting – Upgrade Joomla dari versi 1.5 ke 2.5.x

Pada tanggal 17 September 2005, diluncurkan Joomla versi awal yaitu 1.0.0 yang merupakan versi alias dari Mambo 4.5.2.3 yang dikembangkan oleh “Pengembang Inti Mambo hingga Agustus 2005” yang hengkang dari Mambo.
Pemimpin Tim saat itu Andrew Eddie yang dikenal dengan sebutan “MasterChief” menulis surat terbuka di komunitas dan diumumkan di forum mamboserver.com. Tim pengembang kemudian membuat situs OpenSourceMatters untuk mendistrubusikan informasi ke pengguna, pengembang, desainer web dan komunitas lain pada umumnya.
Perkembangan Joomla berawal dari Joomla 1.0.0 sampai dengan tahap yang luar biasa yaitu Joomla 1.0.15. Namun seiring dengan perkembangan versi Joomla 1.0.x ini, sekitar tahun 2007 telah dimulai pengembangan Joomla 1.5.x yang memiliki beberapa persamaan dan perbedaan yang cukup signifikan. Saat ini Joomla 1.5.x telah mencapai pada tahap Joomla 1.5.20.Untuk versi Joomla 1.6 sudah pada tahap versi beta dan dapat diunduh di www.joomla.org. Semakin baru versi Joomla memiliki penyempurnaan dari versi-versi sebelumnya.
Dalam artikel ini kami akan membahas bagaimana cara mudah untuk mengupgrade joomla anda , upgrade kali ini dengan menggunakan jupgrade dan  berikut requirement yang anda  perlukan dalam menggunakan extention ini :

  • PHP v5.2.4+
  • IIS/Windows: MySQL v5.1 – Linux/Apache: MySQL v5.0.4+
  • Curl module of PHP enabled
  • Joomla 1.5
  • Enable  System – Mootools Upgrade plugin that is included in Joomla 1.5.19 and greater.
  • A Browser with Javascript/jQuery support

setelah semua requirement terpenuhi , maka kita akan memulai upgrade joomla anda , ingat sebelum melakukan hal ini ada baiknya anda melakukan backup pada situs anda dengan menggunakan cpanel , hal tersebut dapat anda lakukan pada artikel kami http://www.blog.ardhosting.com/2011/05/cpanel-membuat-dan-mengambil-backup.html , berikut langkah – langkah yang perlu anda lakukan dalam mengupgrade joomla anda :
1. Aktivasi plugin System – Mootools Upgrade cara nya adalah masuk ke Extensions -> Plugin Manajer

2. Download extensions jupgrade download disini lalu masuk ke Extensions -> Extensions Manager lalu uploadkan file jupgrade anda


3. Apabila Extensions jupgrade terinstall dengan baik maka akan seperti tampilan di bawah

4. Setelah jupgrade terinstall , untuk menggunakannya adalah dengan masuk ke Components -> Jupgrade , lalu klik Start Upgrade

5. Setelah Start Upgrade di lakukan maka akan berlangsung proses migration, apabila proses berhasil dengan baik maka tampilannya adalah seperti di bawah


6. Setelah Proses selesai dengan baik , maka silahkan klik links yang di berikan oleh Jupgrade di tulisan Site dan Administrator yang di warnai biru untuk hasilnya.

Demikianlah proses upgrade pada joomla dengan menggunakan extensions jupgrade , hal ini sangat mudah dan tentunya mempersingkat waktu anda dalam mengupgrade joomla anda tanpa perlu berpusing – pusing dengan proses upgrade lain, karena jupgrade akan secara otomatis menginstall joomla versi terbaru pada joomla anda.