Magento pdo_mysql extension is not installed

Magento saat ini masih menjadi CMS yang cukup diandalkan untuk keperluan online shop atau ecommerce anda. Bagi anda penggunakan Open Source satu ini mungkin pernah mengalami eror pdo_mysql extension is not installed terutama saat akan mengakses halaman admin anda (http://domain.apa/admincp/). Beberapa langkah berikut mungkin bisa berguna bagi anda yang mengalami hal tersebut :
Cek terlebih dahulu, apakah penyedia layanan hosting anda telah mengaktifkan fasilitas pdo atau belum. dengan cara membuat file phpinfo.php kemudian cek pada bagian Configure Command dan pastikan tertulis ‘–enable-pdo=shared’ yang mengindikasikan bahwa fasilitas tersebut aktif.
Jika pdo telah aktif, namun eror masih terus membayangi anda bisa coba login ke cpanel. kemudian masuk file manager dan mulai periksa file php.ini
Sisipkan kode berikut kedalam file php.ini anda :
; added when pdo_mysql is shared (or missing )
extension = pdo.so
extension = pdo_mysql.so
extension = pdo_sqlite.so
Save file php.ini tersebut dan coba akses kembali http://domain.apa/admincp/ jika ternyata masih mengalami eror yang sama anda bisa menambahkan file php.ini pada directori /downloader dengan isi seperti diatas. Kemudian coba akses kembali, seharusnya eror tersebut sudah hilang.

Alternatif lain kalau masih eror juga anda bisa merename file php.ini dengan nama lain. Karena biasanya eror pdo_mysql extension is not installed terjadi karena ada kesalahan pada file tersebut.