Mengaktifkan Sertifikat SSL (Generate CSR) melalui cPanel

Mengapa hal ini sangat di butuhkan ? karena dengan sertifikat SSL ini website anda akan mendapat predikat sebagai web trusted dan hal ini sangat di butuhkan terutama untuk website yang bergerak di bida transaksi online, berikut adalah step-step  untuk menemukan bagaimana cara mengaktifkan sertifikat SSL pilihan anda melalui cPanel:

1.    Membeli dedicated IP untuk server hosting anda. Pemesan SSL harus memiliki hosting/server yg telah dilengkapi dengan dedicated IP.

2.    Lakukan pembuatan CSR melalui cPanel anda:

•    Login ke cPanel anda.
•    Masuklah ke menu SSL/TLS Manager.
•    Klik Generate, view, upload, or delete SSL certificate signing requests.
ssl1

•    Pada bagian Generate a New Certificate Signing Request, masukkan informasi berikut:
•    Host – URL domain yang anda masukkan pada saat proses Generate a New Key
•    Country – Untuk Indonesia masukkan ID
•    State & City – sesuaikan dengan lokasi organisasi/usaha anda. Jangan menggunakan singkatan
•    Company – Nama organisasi/usaha anda
•    Company Division – Nama departemen dalam organisasi/usaha anda. (misalnya “IT” atau “Web Security” atau kosongkan saja)
•    Email – Alamat Email kemana CSR yang telah digenerate nantinya akan dikirimkan.
•    Pass Phrase – Password yang akan diterapkan untuk sertifikat. Ingatlah password yang anda masukkan.
cPanel X   SSL Certificate Signing Request

•    Klik Generate. Maka CSR untuk host anda akan ditampilkan.

3.    Lakukan pembelian lisensi SSL pada provider layanan SSL kepercayaan anda. Kemudian berikan informasi CSR tersebut pada provider domain anda. Provider akan melakukan proses pembuatan Enroll.

4.    Cek ke dalam email yang anda gunakan untuk pendaftaran domain. Anda akan dikirimi email permintaan approval dan email informasi CRT anda. Klik link aproval yang terdapat di dalam email tersebut.

5.    Instalasi SSL pada cPanel anda. Caranya dengan masuk ke cPanel > klik menu SSL/TLS Manager > klik bagian Generate, view, or delete SSL certificate. Ganti CRT dengan CRT yang anda terima dari provider anda. Jika ada CA bundle, kopaskan juga ke formnya. Kemudian klik Upload/Install.

6.    Cek akses ke URL website yang anda daftarkan. Pada URL tersebut akan langsung tampil dalam HTTPS. Artinya, instalasi SSL anda telah berhasil dilakukan.

Apakah keuntungan dari menggunakan SSL ?

Untuk mengamankan komunikasi antara browser dengan web server. Bagaimana bisa? berikut adalah contoh kasus: Ketika anda mengakses sebuah web server yang menggunakan protokol HTTPS, halaman yang dikirimkan pada anda telah dienkripsi dulu oleh protokol ini. Dan semua informasi yang anda kirimkan ke server (registrasi, identitas, nomor pin, transfer pembayaran) akan dienkripsi juga sehingga tidak ada yg bisa mencuri dengar (eavesdropping) data-data anda  ketika proses transaksi sedang berlangsung. Maka transaksi data anda menjadi lebih safe. Protokol HTTPS bisa anda temukan pada situs-situs perbankan, ecommerce, form registrasi, dsb. Karena di area bisnis inilah rentan sekali terjadi eavesdropping oleh pihak ketiga. Untuk itulah anda membutuhkan sertifikat SSL.

Selamat mencoba….

Salam ARD Hosting

FAST And RELIABLE