Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Optimasi Dalam SEO

SEO62 Views

Apa sih permalink itu? Apa bedanya dengan URL (Uniform Resource Locator)? Bagaimana permalink mampu mengoptimasi SEO sehingga konten kalian bisa muncul di halaman utama Google?

Saat mengunjungi suatu website, kalian mungkin sudah cukup akrab dengan yang namanya halaman web atau juga disebut URL (Uniform Resource Locator). Selain URL ini, ada elemen lain yang juga tidak kalah penting, yakni permalink. Keduanya sama-sama berbentuk link atau tautan. Namun, URL dan permalink berbeda. Untuk lebih mengenal apa itu permalink, fungsi, dan cara optimasinya, simak terus artikel ini.

blank

Pengertian Permalink

Permalink adalah kependekan dari Permanent Link. Berupa tautan dari suatu blog atau website, permalink harus memiliki keunikan sebagai identitas suatu site untuk menghindari adanya kesamaan dengan website atau blog lainnya. Bahkan, kesamaan permalink bisa dibilang tidak mungkin terjadi.

Nah, apa sih bedanya dengan URL yang sudah cukup kalian kenal tadi? URL berisi tautan yang akan membawa kalian ke homepage atau halaman depan website, sedangkan permalink merupakan bagian dari URL. Permalink akan membawa pengunjung ke konten atau posting-an tertentu dari suatu website.

Kalau dianalogikan, URL adalah bangunan rumah secara keseluruhan dan permalink merupakan ruangan-ruangan di dalamnya, misal kamar tidur, dapur, atau ruang keluarga. Lebih jelasnya, berikut contoh perbedaan URL dan permalink.

Contoh URL:

https://universe.com

Contoh permalink:

https://universe.com/the-earth

Dari contoh di atas, berikut bagian-bagian permalink.

    • “https://” adalah protocol
    • “com” adalah hostname
    • “the-earth” adalah kategori

Fungsi Permalink

Permalink yang unik, rapi, dan menarik sangat memengaruhi website kalian. Pengunjung akan lebih percaya dan tertarik pada permalink yang jelas dan rapi dibandingkan permalink yang berisi simbol-simbol dan bahasa yang malah bikin pengunjung mengernyit.

Permalink yang baik adalah permalink yang mampu membuat pembaca tahu apa isi konten kalian. Selain memudahkan pengunjung, permalink yang bagus dan terstruktur juga akan memaksimalkan SEO (Search Engine Optimization) website.

Karena memudahkan navigasi peselancar internet, itu artinya makin banyak pengunjung yang akan mem-bookmark URL kalian. URL sendiri sangat penting dalam menentukan peringkat pencarian di Google. Makin rapi dan terstruktur website kalian, makin tinggi pula konten kalian muncul di halaman pertama pencarian.

Optimasi Permalink dalam SEO

Pengguna pastinya ingin permalink yang dimiliki mampu meningkatkan pengunjung di laman dan memaksimalkan SEO. Untuk itu, berikut beberapa tips agar permalink jadi lebih efektif.

1.Tempatkan Keyword

Cukup penting menentukan link permanen atau URL kalian. Karenanya, lakukan riset keyword yang terdapat pada konten kalian. Keyword yang tepat mampu membuat website atau blog kalian muncul di halaman utama mesin pencari.

Gunakan keyword yang umumnya paling sering digunakan pengunjung saat mencari konten sejenis. Keyword yang tepat memberikan kesempatan permalink kalian mendapatkan posisi utama pada keyword tadi. Dengan begitu, website kalian bisa muncul di halaman paling depan.

2. Gunakan Tanda (-) untuk Memisahkan Tiap Kata

Agar permalink terlihat rapi dan terstruktur, gunakan tanda hubung (-). Dalam penulisan permalink, jangan menggunakan tanda hubung yang lain selain (-). Tanda ini untuk memisahkan antarkata dalam satu permalink. Sebagai contoh, https://universe.com/the-earth/what-is-earth.

Permalink yang terpisah rapi dengan kata hubung ini juga memudahkan pengunjung memahami konten dari laman yang mereka kunjungi dan lebih mudah mengingatnya.

3. Meminimalkan Jumlah Kata

Sebaiknya, permalink tidak terlalu panjang agar pengunjung tidak bingung dan mudah mengingat halaman website kalian. URL yang terdiri dari dua hingga empat kata masuk dalam kategori URL yang SEO Friendly. Nah, apabila URL kalian berisi dua hingga empat kata saja, permalink kalian pun tidak akan terlalu panjang dan jadi lebih efektif.

Permalink dengan jumlah kata cukup banyak akan berdampak pada berkurangnya nilai SEO sebuah konten atau website. Apabila nilai SEO berkurang, peluang konten kalian muncul di halaman utama tentunya menjadi lebih kecil.

4. Sebaiknya Tidak Menggunakan Angka

Pada permalink, sebaiknya hindari penggunaan angka. Adanya angka pada permalink bisa mengurangi optimasi permalink tadi.

5. Gunakan Huruf Kecil

Selain menghindari penggunaan angka, usahakan hanya menggunakan huruf kecil saja. Walaupun terkesan remeh, menggunakan huruf kecil pada permalink mampu mengoptimasi permalink. Tidak hanya itu, adanya huruf besar dan kecil pada satu permalink juga memungkinkan terjadinya error pada website.

Penutup

URL dan Permanent Link atau permalink tidaklah sama. Permalink adalah bagian dari URL. Permalink dapat dibuat secara manual atau otomatis. Dalam membuat permalink, sebaiknya gunakan kata sejelas dan serapi mungkin. Semoga artikel ini bermanfaat.

Gunakan selalu paket WordPress Hosting dari Ardhosting.com di  http://www.ardhosting.com/wordpress-hosting.php yang murah cepat dan handal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.