perubahan domain wordpress

wordpress-plugins

 

Untuk anda yang menggunakan wordpress khususnya, jika Anda memutuskan untuk merubah domain WordPress Anda (misalnya dari http://www.domain-lama.com/ ke http://www.domain-baru.com/) atau blog ke lokasi direktori lain (misalnya dari http://www.domain.com/ ke http://www.domain.com/blog/), ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk memastikan migrasi yang tepat dan semua link dapat berjalan dengan baik.

Bagian yang sulit ketika WordPress blog pindah ke lokasi lain adalah bahwa WordPress menggunakan path absolut di link URL, bukan path relatif di link URL yang ditulis dibeberapa parameter dalam database. langsung saja kita coba langkah-langkah sebagai berikut :

1. Login ke cpanel hosting anda, dan move file-file wordpress ke direcory atau domain baru

2. Karena tidak ada konfigurasi khusus di file-file wordpress, maka setelah proses move file-file selesai selanjutnya adalah edit atau update database anda. Buka phpmyadmin dan eksekusi perintah sql berikut :

UPDATE wp_options SET option_value = replace(option_value, 'http://www.domain-lama.com', 'http://www.domain-baru.com') WHERE option_name = 'home' OR option_name = 'siteurl'

3. Setelah itu kita perlu untuk memperbaiki URL dari posting dan halaman Wordpres yang tersimpan pada table wp_posts dan field guid. Untuk itu silahkan jalankan perintah sql berikut :

UPDATE wp_posts SET guid = replace(guid, 'http://www.domain-lama.com','http://www.domain-baru.com');

4. Setelah pemindahan semua link yang tersimpan pada database setelah anda posting masih tersimpan url domain-lama, hal ini akan menyebabkan meskipun web anda bisa diakses namun seluruh link yang ada pada postingan masih mengarah ke url yang salah yaitu domain-lama. Untuk merubahnya kita perlu melakukan update record pada database table wp_posts dengan perintah sebagai berikut :

UPDATE wp_posts SET post_content = replace(post_content, 'http://www.domain-lama.com', 'http://www.domain-baru.com');

Ok tahapan telah selesai, akses web anda melalui browser dan pastikan semua sudah berjalan dengan baik. Untuk Permalinks bisa anda update kembali melalui halaman wp-admin. Selamat mencoba..

Catatan : Sesuaikan www.domain-lama.com dengan domain lama anda dan www.domain-baru.com dengan domain baru untuk wordpress anda.