Plesk – Membuat Akun E-mail

blank

 Pada artikel kali ini akan dijelaskan langkah-langkah membuat akun e-mail pada shared hosting/reseller hosting windows melalui panel Plesk. Sebelum memulai, pastikan akun anda telah aktif dan sudah bisa mengakses panel Plesk nya yang bisa diakses dengan alamat https://namadomain.apa:8443 (ubah namadomain.apa menjadi nama domain anda) dan login dengan menggunakan username dan password yang kami kirimkan melalui e-mail. Silahkan mengontak bagian support kami melalui ticket/e-mail/chat/phone bila mengalami kesulitan dalam mengakses panel Plesk anda.

Berikut adalah langkah-langkah setelah anda berhasil login panel Plesk :

  • Klik pada Create Mail Account

  • Isikan kolom-kolom nya sesuai dengan perintah. Dalam contoh gambar di bawah, membuat akun email dengan username : testard@ardhosting.com dan kuota e-mail 2MB (2000Kbytes). Klik Finish.

blank

Akses Melalui Webmail

Untuk mengakses e-mail anda melalui webmail, pastikan domain anda telah resolve sebelumnya dengan mengarahkan nameservernya ke hosting anda. Jika registrasi domain anda dilakukan di kami, silahkan mengunjungi artikel ini untuk langkah-langkah konfigurasi nameservernya pada panel domain anda. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuka akun e-mail anda melalui fasilitas webmail pada plesk :

  • Klik Mail pada Main Menu Plesk di sisi kiri layar

  • Lihat pada list akun mail yang tertera, pada sisi kanan dari masing-masing baris nama akun, terdapat 3 ikon kecil. Klik pada ikon bergambar e-mail+bola dunia , untuk masuk ke webmailnya (contoh seperti gambar di bawah)

blank

Akses Melalui Aplikasi Mail Client

Contoh aplikasi mail client yang populer saat ini adalah mozilla thunderbird dan microsoft outlook. Untuk langkah-langkah konfigurasi masing-masing aplikasi tersebut, dapat anda temukan melalui artikel blog kami di bawah ini:

Konfigurasi Outlook

Konfigurasi Thunderbird

Demikianlah langkah-langkah untuk membuat akun e-mail pada panel Plesk (Windows Hosting), berikut cara mengaksesnya melalui webmail dan aplikasi mail client.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.