[Tips] Tahapan Memulai Bisnis Hosting

Apakah anda sedang mencoba memulai bisnis yang bisa dikerjakan lewat internet? Atau anda seorang web developer dan ingin mencari penghasilan tambahan disamping pekerjaan utama anda?

bisnis hosting

Di era saat ini memang sudah semakin banyak orang mulai beralih atau mulai memilih untuk berbisnis melalui online. Banyak orang memilih memiliki onlineshop, dari berita yang bisa kita dapatkan dari koran juga sudah banyak media online dijadikan sebagai media terbaik untuk mencari berita.Disisi lain saat ini dunia internet sangat mudah dijangkau oleh setiap kalangan, sehingga menjadi keuntungan tersendiri bagi pelaku bisnis untuk lebih mudah berjualan dan mengenalkan bisnisnya dengan sistem online. Oleh karena itu berikut kami berikan beberapa tips untuk memulai bisnis hosting, diantaranya;

  1. Memulai memikirkan arah bisnis anda

Sama seperti halnya memulai bisnis pada umumnya, dalam berbisnis hosting dbutuhkan hal – hal berikut untuk memulainya, yang diantaranya adalah;

      • Modal
      • Menentukan produk yang dijual
      • Menentukan target
      • Memikirkan strategi pemasaran
      • Melakukan inovasi baru untuk mengembangkan bisnis

Sebelum memikirkan hal – hal tersebut tentukan dulu hal dan strategi pasar yang ingin anda kejar. Dalam berbisnis tentu diperlukan ketekunan dan kesabaran dalam menjalaninya. Anda bisa saja memiliki keahlian di bidang bisnis sebelumnya atau anda memiliki keahlian membuat suatu website yang canggih, dengan berbagai tampilah dan fitur yang menarik. Namun bila anda tidak memiliki visi terhadap kemampuan anda, tidak memiliki ketekunan maka sama saja tidak ada inovasi dalam bisnis anda dan hanya segitu – segitu saja.

  1. Mencari tahu lebih dalam informasi bisnis anda

Dalam memulai bisnis setelah anda memiliki tekad bulat untuk berbisnis anda tentunya sudah tahu anda akan berjualan apa, dan bagaimana pasaran bisnis anda, sebagai contoh anda ingin berbisnis hosting, anda tentunya butuh referensi dan contoh dari pelaku bisnis yang sudah berjalan sebelum anda. Di pelaku bisnis lainnya tentunya anda mendapatkan informasi apa yang mereka jual, dan apa inovasi mereka dalam berjualan hosting. Setelah itu mulai catat dan lihat kekurangan dan kelebihan dari tiap pelaku bisnis sebagai motivasi anda sendiri.

  1. Mulai menjalankan bisnis anda

Pada step ini anda harus sudah bisa mempersiapkan semuanya dan mulai berjualan, sebelum itu anda pastinya sudah menemukan ada 2 sistem untuk berbisnis hosting, yang pertama membeli server berupa VPS atau Dedicated Server dan yang kedua dengan menjadi Reseller Hosting dari provider jasa layanan hosting. Jika anda belum memiliki pengetahuan seputar setup server dan masalah lain – lain mengenai server untuk berjualan hosting, alangkah baiknya anda memulai jualan hosting dengan menjadi Reseller Hosting, banyak keuntungan juga tanpa perlu memikirkan manage server. Anda cukup perlu membeli paket hosting yang nantinya bisa anda bagi ke paket hosting yang anda buat, sehingga untuk memulainya bisa menjadi pilihan terbaik untuk memulai bisnis hosting. Sembari berjualan hosting anda bisa mengumpulkan uang hasil penjualan dan sambil mempelajari perlahan setup server untuk berjualan hosting, setelah dirasa pengetahuan anda sudah cukup dan kebutuhan anda dirasa lebih, barulah anda bisa mulai untuk upgrade ke VPS atau Dedicated Server untuk bisnis anda.

  1. Promosi bisnis anda

Jika anda sudah mulai menjalankan bisnis anda, mulailah dengan memikirkan bagaimana anda mempromosikan bisnis anda, jika anda seorang web developer tentunya itu bukan hal sulit untuk menjalankan bisnis hosting, dikarenakan anda bisa menjadikan hosting yang anda beli sebagai hosting untuk web yang anda kerjakan untuk klien – klien anda. Tapi tidak harus seperti itu, jika anda hanya berjualan hosting anda bisa mulai berpromosi melalui social media gabung forum jual beli, dan membuat promo diskon. Dengan lebih meningkatkan perkenalan produk yang anda jual melalui social media maupun website anda, tentunya perlahan akan lebih memperluas jaringan penjualan produk anda.

Demikian adalah beberapa tips yang bisa menjadi tambahan info bagi anda yang ingin memulai dan mengembangkan bisnis hosting. Semoga bisa membantu anda mempermudah dan menambah invovasi lagi dalam berbisnis hosting.