VPS Indonesia Murah, Kapan Harus Memakainya?

Salah satu jenis hosting yang bagus tapi masih cukup jarang penggunanya adalah Virtual Private Server. Padahal banyak kelebihannya. Mari cari tahu!

Teknologi, VPS1107 Views

Terdapat beberapa jenis hosting yang biasanya penyedia hosting sediakan. Namun, selama ini shared hosting yang sangat banyak digunakan. Padahal, terdapat jenis hosting lainnya yang lebih bagus. Jawabannya adalah VPS Hosting  atau Virtual Private Server. Jika dibandingkan dengan shared hosting, VPS Indonesia murah memang tidak begitu populer. Banyak orang memakai shared hosting murni karena biaya yang lebih terjangkau. Selain itu, pengoperasian shared hosting pun lebih mudah dibandingkan VPS.

Apakah Anda Masih Memakai Shared Hosting Saat Ini?

Jika Anda memiliki rencana untuk mengembangkan website, maka tidak ada salahnya Anda untuk mempertimbangkan pindah memakai hosting VPS murah. Oleh sebab itu, Anda harus tahu, kapan saat tepat memakai VPS. Jadi, mari simak pembahasan di artikel ini hingga selesai.

VPS  Indonesia Murah? Apa yang Dimaksud dengan Itu?

VPS atau Virtual Private Server adalah server pribadi yang mana semua sumber daya hanya dipakai oleh satu pengguna dan tak saling mempengaruhi pengguna yang lainnya seperti pada shared hosting.

Pengguna dapat mengelola penuh semua konfigurasi yang ada pada VPS. Dapat juga melakukan apapun yang sekiranya membuat website menjadi lebih baik.

Sama seperti namanya, VPS hosting Indonesia memakai perangkat keras atau hardware server fisik, yang kemudian dibagi hingga menjadi beberapa sumber daya berbeda. Lalu, dimana “virtual” tersebut?

Sebetulnya bisa disebut virtual dikarenakan pembagian yang dilakukan memakai perangkat lunak, sehingga ada beberapa VPS yang dijalankan di dalam satu server fisik.

Fungsi dari VPS

Setelah mengetahui tentang pengertian VPS hosting. Berikutnya, di artikel ini akan membahas tentang fungsi VPS. Mari simak pembahasan lebih lanjutnya.

Server Website

Banyak VPS Indonesia digunakan untuk menjadi layanan hosting. Pengguna akan memakai layanan VPS ketika website mereka sudah tidak lagi mampu untuk menampung sumber daya yang semakin tinggi.

Sebagian besar pengguna VPS hosting adalah developer yang membutuhkan load kerja tinggi. Meskipun begitu, ada pula user pribadi yang memakai layanan VPS karena website sudah ramai sekali.

Menjadi File Hosting

Layanan VPS memungkinkan pengguna untuk menyimpan file hosting dengan ukuran besar. Baik untuk diakses secara pribadi ataupun diakses oleh para pengguna website Anda. Salah satu situs yang memakai teknologi ini adalah Google Drive.

Anda tak dapat menemukan fungsi ini di layanan shared hosting. Itu karena disk space di shared hosting hanya bisa dipakai untuk kebutuhan pembuatan website. Jika Anda memerlukan fitur penyimpanan file secara online, untuk menyimpan video, foto, ataupun layanan sharing, VPS tepat sekali untuk dipakai.

Remote Desktop

VPS Indonesia murah pun memungkinkan para penggunanya untuk lakukan remote desktop. Dengan fitur satu ini, Anda dapat mengakses serta memakai server atau komputer remote. Anda punya kontrol penuh pada server, terlepas jarak yang jauh. Anda dapat melakukan kontrol server dari mana saja berada.

Menjadi VPN

Tahukah Anda jika Virtual Private Server juga bisa dipakai menjadi VPN. Fungsi VPN di VPS ini dapat berguna untuk perusahaan ataupun organisasi yang memerlukan jaringan privat untuk para karyawan atau para anggota organisasi.

Perusahaan dapat menjadikan VPS sebagai VPN untuk simpan data-data penting serta tetap bertukar data secara aman selama ada di jaringan VPN.

Server Percobaan

Para developer pastinya sering lakukan percobaan perangkat lunak, aplikasi, serta sistem operasi. Untuk lakukan berbagai macam percobaan, pastinya membutuhkan server yang mumpuni. Oleh karena itu, layanan VPS merupakan alternatif untuk lakukan berbagai percobaan tersebut. Untuk lakukan pengetesan, biasanya memakai dedicated server. Namun, dikarenakan harganya mahal, pastinya akan memberatkan.

Layanan VPS relatif lebih murah daripada dedicated server. Walaupun demikian, fitur-fitur yang VPS miliki sudah cukup sekali untuk dipakai menjadi server percobaan.

Private Backup

Biasanya paket layanan VPS telah menyediakan kapasitas disk space yang jelas. Misalnya pada suatu hosting VPS sendiri ada macam-macam pilihan kapasitas disk space, seperti 30 GB, 50 GB, bahkan hingga 100 GB.

Selain bisa dipakai untuk menyimpan file online, Anda pun dapat memakainya sebagai tempat untuk simpan data backup server utama.

Server memang rentan sekali untuk kehilangan data. Oleh sebab itu, tujuan dari adanya backup server adalah untuk simpan data cadangan, sehingga saat terjadi masalah di server utama, masih ada backup file yang bisa di-restore.

Kapan Harus Pindah ke Layanan VPS Indonesia Murah?

Di bagian sebelumnya, Anda sudah mengetahui berbagai fungsi VPS, selanjutnya yang perlu Anda pertimbangkan adalah kapan diperlukan VPS hosting?

Nah, jawabannya sebagai berikut:

Trafik Website yang Terlalu Tinggi

Saat Anda merasa trafik website semakin tinggi, maka sebaiknya Anda segera pindah dari shared hosting ke VPS. Resource yang Anda pakai di shared hosting yakni resource bersama, yang dipakai dengan pengguna yang lain juga. Jika ada salah satu website pada shared hosting memakai resource yang di luar batas wajar, pastinya akan mengganggu kinerja website lain yang ada di dalam satu server.

Biasanya penyedia hosting akan berikan peringatan di website yang telah memakai resource yang terlalu banyak.

Ingin Mempunyai Kontrol Penuh di VPS Indonesia Murah

Organisasi besar memerlukan kontrol penuh di server. Dengan memakai layanan VPS, Anda mempunyai kontrol penuh atas server serta semua pengaturan.

Penyimpanan File dengan Ukuran Besar

Biasanya layanan shared hosting tak memungkinkan pemakainya untuk simpan file dengan ukuran besar. Oleh sebab itu, jika Anda memerlukan disk space yang besar, yang dibutuhkan untuk website saja, ada baiknya memakai layanan VPS.

Selain dapat memilih besarnya disk space yang diperlukan. Anda juga tak akan lagi terganggu oleh pengguna yang lainnya, karena disk space tidak digunakan bersama dengan shared hosting.

Keamanan Server yang Lebih Baik

Dikarenakan mempunyai kontrol penuh di server, keamanan VPS lebih terjamin dibanding layanan shared hosting. Anda dapat mengatur konfigurasi keamanan VPS, sesuai standar yang diperlukan. Selain itu, disk space serta bandwidth pada hosting VPS tak menjadi terbagi-bagi, seperti di shared hosting.

Pengetahuan untuk Kelola VPS

VPS mempunyai pengaturan lebih rumit daripada shared hosting. Biasanya, layanan VPS ada versi managed dan unmanaged.

VPS managed merupakan layanan VPS yang semua pengaturan serta konfigurasinya sudah penyedia hosting lakukan. Sementara VPS unmanaged, semua pengaturan serta konfigurasi dilakukan mandiri oleh para pengguna.

Kebanyakan penyedia hosting VPS menyediakan layanan VPS unmanaged. Oleh sebab itu, Anda harus dapat mengelola VPS dengan mandiri.

Penutup

Pencarian hosting harus disesuaikan dengan keperluan. Jika website Anda membutuhkan sumber daya yang besar, dengan trafik yang juga tinggi sekali, layanan hosting VPS Indonesia terbaik merupakan pilihan tepat untuk Anda.

Jika Anda mengalami semua fase di atas, sudah seharusnya Anda segera pindah memakai layanan hosting Virtual Private Server yang terbaik. Semoga pembahasan VPS ini bermanfaat untuk Anda.