Website tidak bisa diakses karena DNS ISP bermasalah

 

Penggunaan jaringan internet tak ayal membuat pengguna wajib mengetahui seluk-beluk pemrograman. Tujuannya agar semakin optimal ketika mengoperasikan hardware, software maupun jaringan. Begitu pula dengan apa itu DNS yang selalu dikaitkan dengan IP Address.

Mengenal Apa Itu DNS
Domain Name Server atau disingkat DNS adalah interaksi antar komputer yang terhubung lewat server dengan saling mengenali IP Address (tanda pengenal). Sistem pada Domain Name Server akan mengubah URL website menjadi IP Address secara ringkas, sehingga pengguna tidak direpotkan untuk mengetik IP Address manual ketika ingin mengunjungi suatu halaman.

Gambarannya, seperti jika Anda ingin mengakses laman Google, tanpa DNS, Anda perlu mengetikkan 172.217.0.142 ke dalam address bar. Domain Name Server akan mempersingkat dengan hanya mengetikkan alamat Google.com.

Fungsi DNS
Secara garis besar Domain Name Server memiliki fungsi selayaknya pengertian itu sendiri. Tetapi agar lebih jelas, berikut fungsinya secara rinci:

Sebagai penampang data IP berdasarkan nama domain, dengan cara meminta informasi IP Address suatu website.
Memudahkan user mengirim email yang terpusat pada satu server, sehingga sangat meningkatkan mobilitas pengguna dimanapun untuk terhubung.
Dapat mengatur portal hak akses domain khusus oleh user komputer, sehingga keamanan selalu dipantau.
Mengatur laju traffic aktivitas komputer melalui IP Address sebagai identitasnya.
Bisa mengatur hak akses informasi atas jaringan beberapa komputer dalam satu server. Jika komputer ingin mengakses informasi, maka secara otomatis Domain Name Server meminta IP Address.a

 

Sering kali kita mengalami problem seperti gambar dibawah ini  dalam mengakses suatu situs, dimana situs tersebut bisa diakses orang lain, namun tidak bisa kita akses. Jika terjadi hal seperti itu maka ada beberapa kemungkinan penyebabnya dan solusinya.

blank

Beberapa penyebabnya antara lain adalah:

  1. Domain (alamat) situs tersebut belum meresolve dengan baik ke seluruh dunia.
  2. Hosting / server situs tersebut belum meresolve dengan baik ke seluruh dunia.
  3. Situs berpindah / berganti IP address, dan terjadi problem no. 1 dan 2 (sering juga disebut propagasi domain)
  4. ISP kita yang belum meresolved dengan baik ke jaringan situs tersebut.

untuk kasus ini terjadi biasa nya ketika kita ping menggunakan CMD ke nama domain tidak bisa  muncul not find host

blank

 

dan ketika ping ke ip langsung ke server bisa lancar dengan baik

blank

Jika terjadi hal – hal diatas, maka kita biasanya tidak dapat mengakses situs tersebut, sedangkan pada ISP ditempat lain terkadang sudah bisa mengakses. Hal ini dapat kita atasi dengan beberapa solusi sebagai berikut:

  • Test Akses Dengan Proxy Atau VPN

Dikatakan test karena ini dalam rangka pengetestan ISP kita atau hosting situs yang mau kita akses yang bermasalah. Untuk proxy gratis dapat ditemukan banyak di internet, sedangkan untuk VPN gratis dapat dilihat di sini kumpulan VPN Gratis. Test ini jangan dijadikan solusi jangka panjang, karena dengan menggunakan VPN atau proxy maka kecepatan akses internet kita ke suatu situs menjadi tergantung penuh pada lokasi server proxy / VPN tersebut. Misalnya VPN yang lokasi servernya di USA jika kita gunakan maka kita akan lambat mengakses situs yang servernya di Indonesia, dan sebaliknya.

  • Merubah DNS Server Kita

Untuk sistem operasi WIndows :

Start -> Control Panel -> Network Connections
Lalu click kanan pada koneksi kita (pilih yang statusnya connected), lalu pilih properties
Kalau sudah maka akan masuk ke pengaturan, pilih Internet Protocol (TCP/IP) lalu click properties lagi
Begitu sudah click properties diatas tadi maka kita akan masuk ke setting TCP/IP disana ada pilihan Use the following DNS server addresses pilih kesitu dan masukan DNS server baru, rekomendasi diisi dari:

Open DNS

208.67.222.222
208.67.220.220

atau

Google DNS
8.8.8.8
8.8.4.4

 

Cloudflare DNS

1.1.1.1

 

pilih salah satunya Open DNS atau Google DNS
Kalau sudah click OK, dan test browsing situs yang bermasalah tadi.

  • Flush DNS

Flush DNS berfungsi untuk melakukan pembersihan cache DNS lama yang masih disimpan oleh koneksi ISP kita. Misalnya suatu situs memiliki IP address 111.111.111.111 berubah IPnya menjadi 222.222.222.222 maka kemungkinan ketika perubahan terjadi cache IP lama masih tersimpan sehingga ketika kita browsing ke situs tersebut yang terbaca masih yang IP lama.

Cara melakukan flush DNS (Windows):

Start -> Run -> ipconfig /flushdns -> Click OK

Tunggu beberapa saat kemudian test kembali browsing situs yang bermasalah.

 

  • Modifikasi HOSTS File

File hosts dalam sistem operasi dapat memiliki fungsi untuk memetakan / mengarahkan suatu hostname (domain, sub domain) ke satu IP address tertentu. Contoh hostname adalah eh.web.id dan contoh IP address adalah 74.125.159.104.

Secara default file hosts tidak memiliki isi / arahan host name ke IP address tertentu, hal ini dikarenakan pengaturan masing – masing host name dan rutenya sudah diatur di masing – masing server situs. Namun ketika pengaturan di server situs belum dapat terbaca di koneksi ISP kita, maka dengan memodifikasi isi file hosts kita dapat memaksa ISP agar membaca pengaturan dengan sempurna.

Pertama kita perlu mengetahui IP address dari situs yang susah / tidak bisa kita akses (misalnya google.com tidak bisa kita akses), caranya dapat dengan mengetikan nama domainnya pada web tools seperti pada network-tools: hostname dan IP address google

Dari hasil diatas diketahui hostname google = google.com dan IP address google = 74.125.159.104.. Maka kita masukan hostname dan IP address tersebut didalam file hosts pada komputer kita pada windows XP terletak di: c:\windows\system32\drivers\etc\

Buka dan edit hosts file tersebut dengan notepad, dan tambahkan baris ini dibagian paling bawah:
74.125.159.104. google.com

Kemudian save, dan seandainya google.com tadinya susah kita akses, maka kini sudah dapat kita akses berkat pengaturan pada hosts file di komputer kita, cara yang sama juga bisa diterapkan pada situs lainnya.
File hosts bahkan dapat memodifikasi host name dan IP address yang bukan peruntukannya secara global, sebagai contoh masukan baris ini pada hosts file:

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.