Butuh Reseller Hosting Tepercaya? Periksa 6 Poin Penting Ini Supaya Tak Salah Pilih!

Dari sekian peluang bisnis di dunia digital, reseller menjadi salah satu profesi yang digemari. Tak hanya untuk menjual barang seperti pakaian dan makanan. Sekarang ada juga reseller hosting terbaik yang diincar pengembang website.

Hosting, selain domain, tergolong sebagai komponen utama yang menentukan pengembangan website. Lalu, apa yang akan Anda dapatkan dari reseller yang menjual hosting? Apakah kualitas hosting yang disediakan sama bagusnya dengan layanan dari penyedia layanan utama?

Mengenal reseller hosting

Berdasarkan DataReportal, manusia rata-rata menghabiskan sekitar 12 triliun jam hanya untuk browsing di dunia maya. Bertambahnya pengguna internet yang semain masif turut mendorong munculnya berbagai peluang usaha. Salah satunya reseller hosting murah dan berkualias bagus.

Profesi reseller yang mudah dilakukan dan menguntungkan membuatnya bertahan kuat selama bertahun-tahun. Begitu pula mereka yang ‘menjual ulang’ hosting untuk website dan blog. Secara sederhana, reseller hosting adalah individu maupun kelompok yang menjual kembali layanan hosting yang berasal dari provider utama ke pihak ketiga.

Seperti reselling barang, penjualan kembali hosting dibanderol dengan harga lebih bersahabat. Bahkan saat membandingkannya dengan harga di pasaran, nominalnya lebih murah. Meski begitu, reseller tetap menerima profit yang layak. Malah ada yang bisa mengumpulkan keuntungan dari puluhan sampai ratusan juta rupiah.

Keuntungan membeli layanan dari reseller hosting

Bukan hanya harga murah, masih ada sejumlah keuntungan yang akan Anda peroleh saat membeli hosting dari reseller, antara lain:

Bersahabat dengan modal kecil

Butuh blog atau website profesional untuk bisnis, tetapi modal untuk beli hosting terbatas? Tenang, ada reseller webhosting yang dapat diandalkan. Dari mereka, Anda dapat mendapatkan hosting yang stabil dan performanya bagus tanpa menguras modal. Pembelian pun biasanya mencakup after sales untuk memastikan hosting berjalan lancar.

Pilihan hosting sesuai kebutuhan

Sama seperti dari provider utama, reseller menyediakan paket hosting yang dapat disesuaikan kebutuhan. Namun, Anda perlu mencermati layanan yang diberikan hingga kecakapan reseller saat menjelaskan keunggulan hosting. Seandainya ragu, Anda bisa kontak provider utamanya langsung untuk mendapatkan layanan terbaik.

Cocok untuk keperluan branding

Jika reseller pakaian biasanya menjual barang dengan merek dari supplier, maka reseller yang menyediakan hosting berkesempatan memakai brand sendiri. Faktor ini menguntungkan Anda yang sedang mencari jasa hosting untuk kebutuhan branding, baik untuk kebutuhan personal atau bisnis. Anda pun bisa segera menggunakan layanan begitu hosting dipasang.

Pemeliharaan diurus langsung provider

Bagaimana dengan maintenance atau pemeliharaan, apa pihak reseller yang menanganinya? Ternyata untuk hal ini, provider yang akan tetap menangani. Jadi, kalau Anda menemukan masalah pada server atau kendala lain pada fitur hosting, segera kontak provider. Jelaskan keluhan selengkap dan sejelas mungkin agar solusi yang diberikan sesuai.

Dukungan pelanggan 24/7

Keuntungan lain yang akan diperoleh saat membeli hosting dari reseller adalah dukungan pelanggan selama 24/7. Artinya, Anda bisa menghubungi provider utama kapan dan di mana saja saat terjadi masalah. Pastikan juga unlimited reseller hosting yang Anda pilih tetap bisa dihubungi di waktu-waktu darurat agar gangguan tak berlangsung lama.

Cara memilih reseller hosting profesional dan tepercaya

Menemukan reseller buat memenuhi pemasangan hosting sebenarnya mudah. Tinggal masukkan keyword bersangkutan di mesin pencari, lalu telusuri penyedia layanan yang memenuhi kriteria. Akan tetapi kadang kenyataannya tak semudah itu, terutama bagi Anda yang belum berpengalaman.

Maka untuk memudahkannya, cek poin-poin berikut saat Anda mencari reseller hosting tepercaya:

Periksa profil reseller

Mengecek reputasi reseller dapat Anda lakukan dengan mengecek website atau media sosial resmi mereka. Penyedia jasa berpengalaman biasanya sudah menyertakan latar belakang, prestasi, serta kontak yang dapat dihubungi. Mereka juga tak akan menyembunyikan testimoni dan review dari para pelanggan maupun klien.

Cara memilih reseller hosting pun akan lebih maksimal kalau Anda bisa mampir ke kantornya. Sempatkan diri untuk mampir kalau lokasinya dekat. Siapa tahu Anda bisa negosiasi harga di sana.

Keaktifan website dan media sosial

Karena produknya berhubungan dengan dunia digital, reseller yang menyediakan hosting sudah seharusnya aktif di dunia maya. Entah itu rajin mengunggah artikel di konten, berinteraksi dengan konsumen di media sosial, atau cepat memproses keluhan. Termasuk pengumuman saat akan ada maintenance yang dilakukan provider utama.

Kalau kurang atau tak ada interaksi sama sekali, kemungkinan besar reseller hosting Indonesia pun sulit dihubungi. Faktor ini bakal mempersulit Anda saat memerlukan bantuan di waktu darurat.

Masa aktif domain yang dipakai

Selain hosting, beberapa reseller juga kadang menyediakan domain. Anda bisa mengecek masa aktifnya apabila mereka mencantumkan domain apa saja yang dijual. Rata-rata domain profesional yang dijual dengan harga mahal umumnya mempunyai masa aktif panjang. Hal ini juga menjadi tanda mereka serius menjalankan bisnis.

Namun, bukan berarti domain-domain murah kurang berkualitas. Anda bisa memakainya sebagai domain sementara sebelum pindah ke domain permanen saat pemasukan sudah stabil.

Cek paket hosting yang tersedia

Poin selanjutnya yang harus Anda cek dari reseller hosting terbaik adalah paket yang disediakan. Mulai dari server yang digunakan, downtime dan uptime, dan kapasitas bandwidth. Bahkan ada juga provider yang menawarkan paket percobaan atau trial. Layanan ini bisa digunakan pemula yang ingin mengetahui kualitas provider sebelum melakukan pembelian.

Pelajari juga kebijakan yang diberlakukan. Misalnya denda, refund, dan garansi. Antisipasi ini akan memudahkan Anda mengajukan klaim di kemudian hari.

Fasilitas dan fitur di setiap paket

Menyambung dari poin sebelumnya, fasilitas dan fitur menentukan performa hosting yang akan dipasang. Poin ini kadang tak bisa menjadi tolak ukur utama, tetapi membantu memberi gambaran pemakaian hosting di blog maupun website. Bandingkan juga dengan paket dari reseller lain supaya Anda tak menyesal membelinya.

Untuk itu, paket trial dari reseller hosting unlimited patut dicoba. Sehingga Anda tak akan merugi saat tahu fasilitas dan fitur mereka ternyata kurang memadai.

Dukungan untuk bantuan teknis

Satu lagi poin yang tak boleh Anda lewatkan saat mencari reseller layanan hosting adalah support atau dukungan untuk bantuan teknis. Membiarkan blog dan website dalam keadaan downtime terlalu lama akan merusak citra platform tersebut di mata pengunjung. Kalau dukungan datang cepat, berarti provider sudah berpengalaman menanganinya.

Cek apakah kontak yang disediakan cloud reseller hosting dapat dihubungi. Simpan baik-baik di ponsel dan perangkat lain untuk memudahkan Anda menjangkau mereka.

Sudah tak bimbang lagi untuk beli hosting dari reseller? Kalau butuh rekomendasi, jangan ragu tanyakan pada teman, keluarga, atau rekan kerja yang pernah mendapatkan layanan dari reseller hosting. Pastikan juga Anda benar-benar memasang hosting sesuai kemampuan dan bujet untuk mencegah pembengkakan pada pengeluaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.